Rabu, 19 Februari 2014

PKS: Monorail Mangkrak, Ngapain Jokowi Groundbreaking Segala, Jokowi: Dengarkan Ya PKS!

Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Selamat Nurdin menyesalkan sikap Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yang mengizinkan PT Jakarta Monorail (PT JM) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek monorail. Padahal, PT JM belum memenuhi syarat-syarat yang diajukan Pemprov DKI Jakarta.
Apalagi, Jokowi masih meminta PT JM memenuhi tiga syarat yang diajukan Pemprov DKI untuk melanjutkan proyek monorail. Syarat-syarat tersebut adalah kelengkapan dokumen financial closing (pendanaan), kajian teknis, dan legal aspec.
"Yang perlu dicermati juga adalah, ngapain juga Jokowi pake groundbreaking segala. Seharusnya semua masalah seremonial juga groundbreaking sudah tuntas dong. Seperti financing sudah tuntas, administrasi sudah tuntas. Jadi benar sudah jalan," ujar Selamat di Gedung DPRD DKI, Rabu (19/2).
Selamat enggan berkomentar lebih jauh mengenai kelanjutan proyek monorail ini. Dia khawatir nantinya proyek monorail ini dimasukkan ke ranah politik.
"Sebenarnya kita enggak mau berasumsi terlalu jauh soal monorail ini, karena ini tahun politik dikhawatirkan ada tanggapan negatif dengan main pukul-pukulan di media," kata dia.
Saat ini, Selamat yang Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta ini menyebut dewan masih memberikan kesempatan kepada Pemprov DKI untuk mengatasi masalah kelanjutan proyek monorail. Namun, DPRD akan memanggil semua pihak yang terlibat dalam rencana kelanjutan proyek tersebut setelah pemilu legislatif mendatang.
"Kita ngasih kesempatan saja sejauh mana Pak Jokowi dengan Bappeda mengurusi ini. Dan kita akan kejar usai tensi politik menurun setelah pemilu," pungkas dia.

Ini Jawaban Jokowi
Jokowi langsung membela diri saat kritikan dari Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Selamat Nurdin. Dia menyebut, keputusan peletakan batu pertama (groundbreaking) menjadi simbol komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melanjutkan proyek yang mangkrak selama tujuh tahun itu.
"Groundbreaking itu dilakukan saat kita sudah menandatangani goodwill kita. Itu selesaikan macet, silakan kalau mau groundbreaking," ujar Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (19/2/2014).
Walaupun PT Jakarta Monorail telah melakukan peletakan batu pertama, Jokowi tetap meminta syarat-syarat yang diajukan Pemprov DKI harus dipenuhi terlebih dahulu. Selanjutnya, perusahaan itu bisa melanjutkan proyek tersebut.
"Tapi setelah groundbreaking ini mesti ada syarat-syarat yang kita lihat. Masa setelah groundbreaking terus kita bolehin jalan, ya enggak dong," kata dia.
Menurut mantan wali kota Solo ini, investasi yang ada di Jakarta harus didorong dengan komitmen Pemprov DKI untuk dapat melanjutkan proyek-proyek atasi kemacetan tersebut.
"Groundbreaking adalah goodwill kita itu. Investasi kalau enggak di dorong dengan goodwill sampai kapan pun akan tetap mangkrak, dan kita ini melanjutkan," pungkas dia.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar