Proyek monorel Jakarta tidak semulus yang diharapkan warga Jakarta. Setelah bangun dari mati surinya selama tujuh tahun, proyek itu seperti akan tertidur lagi.
Saat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groudbreaking kelanjutan proyek monorel pada 16 Oktober 2013, dia berharap monorel akan menjadi lifestyle moda transportasi di Jakarta. Namun, boro-boro menjadi lifestyle, kelanjutan proyeknya saja masih tanda tanya.
Jokowi mengakui, memang ada hambatan pada proyek monorel. Hambatan itu terletak pada perjanjian kerja sama (PKS). Ada tiga syarat yang belum dipenuhi oleh PT Jakarta Monorail (JM), dan hal itulah yang menyebabkannya belum menandatangani dokumen proyek tersebut. Tiga syarat itu meliputi financial closing, kajian teknis, dan aspek legal.
"Sampai sekarang PKS-nya itu belum saya tanda tangani. Kenapa belum ditandatangani? Karena kita minta syaratnya itu ketat banget. Ada tiga syarat. Kalau itu sudah diberikan, pasti akan saya tanda tangani," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Senin (17/2/2014).
Jokowi menolak adanya anggapan bahwa proyek monorel mengalami kegagalan. Menurutnya, meski ada beberapa syarat yang belum dipenuhi PT JM, perusahaan yang dimiliki oleh Hortus Holdings Limited tersebut telah melakukan beberapa hal, meliputi pembuatan rancangan stasiun dan studi kelayakan tanah. Ia yakin PT JM dapat menyelesaikan proyek yang terhenti sejak 2007 tersebut dengan tepat waktu.
Menurut rencana, akan ada dua rute yang dilayani monorel Jakarta. Yang pertama jalur hijau (Kuningan-Gatot Subroto-SCBD-Senayan-Pejompongan-kembali ke Kuningan), yang ditargetkan akan beroperasi pada 2016. Jalur kedua ialah jalur biru (Mal Taman Anggrek-Tomang-Cideng-Tanah Abang-Karet-Mal Ambassador-Tebet-Kampung Melayu), yang ditargetkan akan beroperasi pada 2017.
"Kurang dokumen kok (dibilang) gagal. Dokumennya belum sampai ke saya. Gagal... gagal, nyatanya dokumen belum sampai ke saya gimana," ujar Jokowi, kemarin.
Berbeda dengan Jokowi, Basuki mengungkapkan kekecewaan terhadap PT JM. Secara blak-blakan, ia mengancam akan mencabut izin proyek pembangunan monorel dari perusahaan itu. Ia menduga, mandeknya pengerjaan monorel disebabkan PT JM tidak memiliki dana cukup untuk membangunnya.
"Bappeda sudah buat surat. Kalau dia enggak mampu untuk itu dilanjutkan, kita cabut. Kita batalin," ujarnya.
Basuki pun menyayangkan rangkaian acara seremonial bernilai miliaran rupiah yang dilakukan oleh PT JM pada Oktober tahun lalu. Menurutnya, "uang hura-hura" itu sebetulnya bisa dialihkan untuk membayar utang tiang kepada PT Adhi Karya sebesar Rp 193,662 miliar.
Rangkaian acara seremonial yang dilaksanakan PT JM diperkirakan mencapai ratusan miliar rupiah. Pameran prototipe monorel di Monas pada Juni-Juli 2013, misalnya, menghabiskan Rp 50 miliar. Ada pula lomba pemberian nama dan logo monorel, peresmian nama dan peluncuran logo monorel di Hotel Mulia dengan bintang tamu Titi DJ, serta groundbreaking di depan Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta Selatan.
"Pak Gubernur mau hadir dalam peresmian. Kalau saya enggak akan suka acara seremonial semacam itu karena itu cuma tipu-menipu, kita jadi kelihatan konyol," kata Basuki.
"Harusnya uang hura-hura mereka buat bayar utang ke Adhi Karya. Jangan sampai nanti DKI yang rugi kalau monorel mangkrak lagi," lanjutnya.
Sementara itu, Komisaris Utama PT JM Edward Soerjadjaja menyatakan bahwa proyek pembangunan monorel di Jakarta tidak akan mundur dari jadwal yang sudah direncanakan. Ia membantah ada masalah pendanaan yang menyebabkan proyek tersebut terkesan tidak berjalan.
Ia mengaku heran dan tidak mengetahui tentang adanya permasalahan kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Menurut Edward, sejauh ini perusahaannya menjalin komunikasi intens dengan Pemprov DKI tentang perkembangan proyek monorel tersebut.
Edward memastikan bahwa secara teknis tidak ada yang menghambat pembangunan fisik monorel. Dengan demikian, proyek itu berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan.
"Komitmennya tidak sedikit pun berubah. Lihat saja, sampai hari ini tidak ada kelambatan apa pun. Tidak mungkin mundur karena kami diminta jaminannya, kecuali ada yang menginginkannya mundur," katanya.
Mengenai kewajiban PT JM membayar utang pembangunan tiang monorel kepada PT Adhi Karya, Edward membantah anggapan bahwa perusahaannya mengalami masalah keuangan sehingga belum dapat membayar utang tersebut. Edward menyatakan bahwa pembayaran itu hanya terkendala oleh masalah teknis.
"Bukan dikarenakan kami tidak ada uang untuk bayar, bukan karena mereka minta harus dibayar sekarang. Itu semua masalah teknis. Saya kira ada hal-hal yang lebih dalam yang manajemen kami bisa menjelaskan," jelasnya.
Harapannya, semoga monorel tetap dilanjutkan pembangunannya sehingga warga Jakarta benar-benar bisa merasakan moda transportasi yang diharapkan Jokowi menjadi lifestyle di Ibu Kota.
Sumber :
kompas.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar