Rabu, 29 Januari 2014

Ulama Imbau Jokowi Ajak Warga Solat Istigotsah

Seiring dengan bencana banjir yang tak berkesudahan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) diingatkan sejumlah habib dan ulama untuk mengajak masyarakat menggelar Salat Istigotsah (Salat Mohon Ampunan-red). Perbanyak doa dan mohon ampun kepada Allah SWT agar musibah segera berakhir.
Hal itu diungkapkan sejumlah habib dan ulama yang tergabung dalam Satkar Ulama Indonesia. “Saya dititipi pesan dari sejumlah habib maupun alim ulama agar menyampaikan imbauan tersebut kepada pemerintah pusat maupun daerah. Baik kepada Presiden Bapak SBY maupun Pak Jokowi,” ujar Sekjen DPP Satkar Ulama Indonesia, HM Ashraf Ali, usai bertemu dengan sejumlah alim ulama, Rabu (29/1/2014).
Para ulama mengingatkan dan masyarakat terutama kaum muslin harus benar-benar yakin bahwa musibah ini datangnya dari Allah SWT. “Tentu ada rahasia Allah SWT di balik musibah banjir yang berkepanjangan ini,” papar Ashraf Ali mewakili alim ulama yang tergabung dalam organisasi tersebut
“Saya salah kalau tidak menyampaikan amanah ini kepada para pemimpin pemerintahan. Untuk itu melalui media ini saya menyampaikan pesan dari para habib dan ulama  kepada Gubernur DKI maupun Presiden SBY yang mana banyak terjadi bencana di Tanah Air, untuk mengajak masyarakat memohon kepada Allah SWT,” kata Ashraf Ali sambil menambahkan Satkar Ulama Indonesia beranggotakan ratusan ribu orang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.
Menurutnya, dalam upaya penanggulangan banjir yang dilakukan pemerintah selama ini baru sebatas teknis. “Antara lain berupaya meminimalisir banjir dan penanganan pengungsi. Bahkan menebar garam senilai puluhan miliar rupiah namun hujan lebat tetap terjadi. Dan nyatanya musibah banjir tak berkesudahan. Untuk itu kami mengimbau pemerintah juga melakukan pendekatan secara religi. Ajaklah masyarakat dan melibatkan  stake holder untuk Salat Istigosah, memperbanyak doa dan dzikir,” ujar Ashraf Ali.
Sebagai alim ulama, Ashraf Ali mengingatkan bahwa air, api, dan angin adalah bagian dari tentara Allah SWT. “Al-Quran juga menyebutkan bahwa kerusakan di muka bumi karena perbuatan manusia. Untuk itu, marilah kita bertaubat bersama,” seru Ashraf Ali  yang juga anggota Komisi E, DPRD DKI Jakarta. Dulu, Salat Istigosah berjamaah secara sering dilakukan tiap terjadi musibah banjir atau kekeringan, namun belakangan ini tak lagi dilakukan oleh pemerintah.
Pada kesempatan ini, Ali selaku Ketua Fraksi Golkar mengajak seluruh kader, termasuk para caleg untuk terus membantu korban banjir tanpa pamrih.

Sumber :
Pos Kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar