Rabu, 18 Desember 2013

Jokowi: Cabut Subsidi BBM Tak Beratkan Rakyat

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan usulan pencabutan subsidi bahan bakar minyak dilakukan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Tujuannya, agar masyarakat berpindah ke angkutan umum.
"Saat ini menunggu Pemerintah Pusat saja, lampu hijau sudah ada," kata Jokowi di Balai Kota, Rabu (18/12/2013). Menurut Jokowi, usulan ini murni agar Pemerintah Pusat bisa fokus membangun infrastruktur dari subsidi yang dicabut.
Jokowi pun menuturkan usulan pencabutan subsidi bahan bakar minyak ini tidak akan memberatkan masyarakat berpenghasilan rendah. "Ini masalah sistem siapa yang diberi dan tidak," ujarnya.
Hal ini baiknya, dia melanjutkan, bisa lebih diperjelas oleh Pemerintah Pusat." "Itu bukan kewenangan saya tapi siapa yang nantinya berhak dapat atau tidak ini masalah sistem yang dibangun di lapangan," katanya.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menuturkan idealnya pencabutan bahan bakar minyak ini dilakukan setelah armada bus di Jakarta banyak." Dia menambahakan tahun ini akan ada penambahan 650 unit bus Transjakarta dan bus sedang.
"Hanya wacana ini sengaja dilempar sekarang ke masyarakat biar tahu pro dan kontranya," ujar Mantan Bupati Belitung Timur ini." Baru lah dianalisa berdasarkan masukan masyarat.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar