Rabu, 18 Desember 2013

Pemilih Suka Tokoh Berpenampilan Biasa seperti Jokowi dan Dahlan Iskan

Pengamat pemilu, Toto Sugiarto, menilai masyarakat saat ini cenderung lebih menyukai pemimpin yang berpenampilan biasa saja. Salah satu contohnya, menurut dia, adalah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri BUMN Dahlan Iskan.
“Kecenderungannya, pemilih sekarang suka dengan tokoh-tokoh berpenampilan biasa saja seperti Jokowi. Dahlan Iskan juga dengan sepatu ketsnya,” kata Toto dalam Diskusi Forum Dahlan Iskan di Jakarta, Rabu (18/12/2013).
Joko yang akrab disapa Jokowi sering dianggap cuek soal penampilannya. Dia lebih suka mengenakan kemeja putih polos, celana hitam, dan sepatu kets.
Jokowi juga tak segan-segan melakukan blusukan ke sejumlah daerah di Jakarta.
Sementara itu, menurut Toto, penampilan Dahlan juga sederhana. Namun, kesukaan masyarakat pada sosok yang berpenampilan sederhana itu diimbangi dengan kinerja pejabat tersebut. “Meskipun pemilih sekarang suka pemimpin yang biasa saja, tapi yang sudah terlihat bukti kinerjanya bagus,” katanya.
Menurut Toto, saat ini masyarakat lebih melihat figur dibanding partai politiknya. Kehadiran Jokowi itu dapat menguntungkan suara bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) jika diusung menjadi capres 2014.
“Jika PDI-P mengusung Jokowi, itu akan menyedot suara partai lain,” ujarnya.
Sementara itu, menurut Toto, Dahlan sulit menjadi capres karena menjadi peserta konvensi Partai Demokrat. Sebab, sejumlah survei beberapa bulan terakhir menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat yang merosot.
“Dahlan Iskan seseorang yang berpotensi besar, tapi berada di tempat yang potensinya kecil. Kita lihat elektabilitas Partai Demokrat semakin menurun,” kata Toto.

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar