Selasa, 24 Desember 2013

Ahok dan Risma Bisa Jadi Capres Lawan Jokowi

Guru Besar Psikologi Politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk sedang menelaah 12 nama capres alternatif yang dipandang bisa menjadi lawan tanding Joko Widodo (Jokowi). Siapa saja yang dinilai potensial menjadi capres yang sanggup menandingi Gubernur DKI itu?
Yang mengejutkan, di antara 12 nama itu ada Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. "Ada Tri Rismaharini, ada Ahok, ada juga Anies Baswedan," kata Hamdi, Selasa (24/12/2013).
Hamdi melakukan telaah terhadap 12 nama tokoh muda berusia di bawah 55 tahun. Secara pengalaman mungkin jam terbangnya belum tinggi, namun Jokowi yang masih berusia muda juga sudah membuktikan bisa bekerja lebih baik dari nama-nama lama.
"Jokowi masih 51 tahun saja dipilih rakyat tahun lalu, ini kan artinya rakyat maunya yang muda. Soal pengalaman masih kurang tapi kinerja kelihatan. Daripada yang tua-tua pengalaman korupsi," kata Hamdi.
12 Tokoh tersebut nantinya akan diberikan kepada para oponion leader. Para opinion leader akan memberikan pandangan tentang kompetensi tokoh yang diajukan secara objektif.
"Minggu kita akan umumkan rankingnya. Misalnya tokoh A paling visioner, tokoh B soal ketegasan unggul, tokoh C kinerjanya unggul. Jadi nanti menimbulkan harapan," katanya.
Menurut Hamdi, kelahiran tokoh potensial saat ini adalah keharusan. Demokrasi menjadi tidak sehat jika hanya Jokowi yang dipilih rakyat menjadi presiden.
"Kalau kita biarkan pertarungan ini, Jokowi sudah pasti menang. Ini tidak bagus buat bangsa ini, karena tidak ada pertarungan gagasan nanti. Jokowi oke dia bagus ibarat makanan segar, tapi kompetisi itu nggak akan sehat," tandasnya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar