Selasa, 28 Mei 2013

Jokowi: Program KJS akan Dorong Revolusi Kesehatan Masyarakat

Gubernur DKI Joko Widodo hari ini menyerahkan KJS yang dilengkapi dengan chip dan barcode kepada 58 orang di puskesmas Koja. Jika berjalan baik, program KJS ini akan memicu revolusi kesehatan di masyarakat.
Jokowi tiba di Puskesmas koja, Jakarta Utara, sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (28/5/2013). Jokowi tampak didampingi Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati. Sebelum menyerahkan KJS berchip, Jokowi sempat melakukan pengecekan sistem pelayanan di puskesmas tersebut. Ratusan warga berkerumun, di antaranya memang ada yang datang untuk berobat.
"Hari ini kita bagikan 1.733.991 Kartu (KJS) di semua puskesmas. Yang hari ini belum dapat, besok bisa diambil," ujar Jokowi kepada warga.
Jokowi mengatakan jika setelah pembagian KJS berchip jumlah pasien di rumah sakit membludak, itu pertanda baik. Hal tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat untuk berobat semakin baik.
"Loh gimana, rumah sakit itu membludak kan itu artinya bagus. Kesadaran masyarakatnya bagus. Lonjakan di rumah sakit kan kira-kira 500-10.000 pasien. Sebelumnya mereka hanya di rumah. Sementara sekarang mereka bisa mengakses rumah sakit dan puskesmas. Jadi pilih mana rumah sakit membludak, atau yang 500-10.000 tadi di rumah tapi sakit," cetus Jokowi.
Jokowi juga mengatakan jika program KJS berjalan baik, maka akan berdampak kepada revolusi kesehatan di masyarakat. Mulai dari pelayanan dasar, preventif, dan rujukan akan mudah dilayani.
"Kalau sistem berjalan baik, mulai dari pelayanan dasar, Puskesmas, ini akan terjadi revolusi kesehatan di masyarakat. Kita menuju masyarakat sehat. Kita baru mulai ini baru empat-lima bulan sudah diganggu," kata Jokowi.
Kepala Dinkes DKI Dien Emmawati menambahkan semua kartu yang dibagikan pada November 2012 lalu akan diganti dengan kartu baru.
"Data dalam chip KJS berasal dari masyarakat yang mendaftar ke puskesmas dan juga data dari BPS," tambahnya.
Jokowi berada di Puskesmas Koja selama 1 jam. Setelah selesai membagikan KJS berchip di sana, Jokowi lalu meninggalkan menuju Puskesmas Pasar Rebo, Jakarta Timur.


Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar