Senin, 19 Januari 2015

Bang Yos: Jokowi Tunda Pelantikan Komjen Budi Itu Saran Saya

Ketua Umum PKPI Sutiyoso memiliki perbedaan pandangan terkait pencalonan Kapolri Komjen Polisi Budi Gunawan, dengan partai pendukung Jokowi-JK yang tergabung dalam KIH. Menurut Sutiyoso, semua partai pendukung itu setuju Budi segera dilantik, namun dirinya meminta penundaan dulu.
Alhasil, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengikuti sarannya untuk menunda pelantikan Komjen Budi Gunawan, dan mengangkat Plt Komjen Polisi Badrodin Haiti.
"Ya itu yang saya sarankan persis itu. Walaupun saya berseberangan dengan yang lain. Jadi menunda untuk menghormati sudah disetujui DPR, tapi karena ada masalah di KPK, maka kita tunda, bukan dibatalkan," ujar politikus yang akrab disapa Bang Yos di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/1/2015).
Sutiyoso mengatakan, dengan begitu KPK diminta untuk mempercepat proses hukum yang melibatkan Budi Gunawan.
"Di sisi lain, kita hormati KPK, dengan catatan dipercepat kasusnya supaya sikapnya jelas mau dilantik atau tidak. Kalau salah ya enggak dilantik, kalau bebas kan dilantik," ujarnya.
Sutiyoso menambahkan, jika status hukum Budi sudah jelas di KPK, maka presiden dapat melantik Kapolri yang baru. "Ya kalau sudah jelas semua jelas statusnya, baru kita melantik atau dibatalkan, pilih yang baru," ujarnya.  [merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar