Sabtu, 18 Oktober 2014

Pohan: Kalau Saja Sejak Awal Jokowi Safari Politik

Langkah safari politik dengan mengunjungi pimpinan partai politik seharusnya dilakukan Joko Widodo ketika diumumkan sebagai pemenang Pemilu presiden.
Jika langkah itu dilakukan sedari awal, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Ramadhan Pohan, mengatakan kondisi politik khususnya di parlemen tidak akan seperti sekarang ini.
"Saya setuju. Mestinya ini sudah dilakukan ketika Pak Jokowi itu atau ketika PDIP menang Pileg atau ketika Pak Jokowi sudah diumumkan KPU menang. Langsung komunikasi politik," ujar Ramadhan di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (18/10/2014).
Kata Ramadhan, kebanyakan masalah politik sebenarnya disebabkan masalah psikologi. Jika sedari awal, Jokowi diberi kebebasan untuk mencairkan komunikasi politik, dia optimis Koalisi Indonesia Hebat bisa mendapatkan lebih di parlemen.
"Nggak akan 5-0 skor. Tapi kan kita nggak bisa mundur ke belakang. Sudah terjadi. Paling tidak Pak Jokowi sudah berhasil meredam psikologis yang beku jadi cair," kata dia.
Ramadhan mengaku memahami situasi yang harus dihadapi Jokowi karena dia bukanlah penentu kebijakan di PDI Perjuangan atau Koalisi Indonesia Hebat.
"Kita tahu semua kuncinya ada di Bu Mega. Kalau diserahkan kepada Pak Jokowi atau Muhaimin, atau Surya Paloh yang mereka memang sudah biasa bermain politik seperti ini, saya kira nggak seperti sekarang kondisinya," tukas Ramadhan.  [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar