Sabtu, 18 Oktober 2014

Ini Kereta Kencana yang akan Dipakai Mengarak Jokowi dari HI ke Istana

Kereta Kencana dari Solo yang teronggok di Anjungan DKI TMII ini sudah tidak lama dipakai. Namun kereta tersebut akan kembali diaktifkan, dipakai untuk mengarak Presiden terpilih Jokowi dari Bundaran HI ke Istana.
"Kereta kencana merah ini tanggal 20 Oktober akan digunakan untuk membawa Jokowi dari HI ke Istana," ujar salah seorang tim kreatif Dinas Pariwisata DKI di Anjungan DKI TMII, Jakarta Timur, Sabtu (18/10/2014).
Menurut pria beruban yang enggan disebut namanya ini, hari ini kereta sudah mulai dibersihkan sejak pukul 10.30 WIB. Kereta dicuci dengan air sabun. Bagian tertentu dilepas dan dibersihkan oleh petugas anjungan DKI.
Setelah dibersihkan, lanjut dia, kereta direncanakan ditempatkan di area Hotel Indonesia. Dua kuda dan 1 kusir rencananya akan tiba Minggu (19/10/2014).
Pria yang mengenakan kaos hijau dan celana jins itu menegaskan, kereta kencana yang akan mengarak Jokowi disebut kereta kencana, bukan andong.
"Kereta ini disebutnya tetap kereta kencana karena kalau andong rodanya dua. Kereta kencana rodanya empat," tuturnya.
Kereta kencana berwarna merah ini panjangnya kurang lebih 5 meter dan lebar 2 meter. Kereta kencana pernah dipakai Jokowi saat Pawai Kirab Budaya di Monas pada Desember 2013. Pawai ini merupakan bagian dari Pawai Festival Keraton Sedunia. 
Berita ini sekaligus mengakhiri spekulasi "andong hias" atau "kereta kencana", spekulasi yang tersisa hanyalah jadi tidaknya Jokowi-JK menaiki Kereta Kencana ini yang masih menunggu konfirmasi dari pihak keamanan. [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar