Kamis, 27 Februari 2014

Siapa Bawa Foxconn ke Jokowi?

Perusahaan raksasa teknologi asal Taiwan, Foxconn Technologi Co Ltd, dipastikan bakal berinvestasi di Indonesia. Setelah dikabarkan sempat tak disetujui oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat, Foxconn lantas mencari jalan lain. Mereka mendekati Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Lantas, siapakah yang membawa Foxconn ke Jokowi?
Menurut sumber Tempo, Mayapada Group-lah yang "menjembatani" Foxconn ke Jokowi. "Beberapa kali mereka (Mayapada) mendatangi Jokowi ke Balai Kota untuk membicarakan masalah Foxconn," kata dia, Kamis (27/2/2014).
Sumber ini menambahkan, perusahaan milik Tahir itu mempunyai kepentingan di balik misi mendekatkan Foxconn ke Jokowi. Mayapada diduga ikut berinvestasi dalam pembangunan pabrik Foxconn di Marunda. "Mereka itu (Mayapada dan Foxconn) joint bisnis. Jadi, Mayapada punya kepentingan."
Seperti diketahui, perusahaan teknologi informasi asal Taiwan itu berencana menjalin kerja sama investasi senilai US$ 1 miliar dengan pemerintah Jakarta. Nilai tersebut akan direalisasikan dalam tiga sampai lima tahun dalam bentuk pembangunan pabrik.
Pemerintah Jakarta menjanjikan lahan seluas 200 hektare di daerah Marunda untuk pembangunan pabrik Foxconn. Dengan adanya pabrik, diharapkan dapat menyerap tenaga kerja sekitar 3 ribu orang.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar