Senin, 27 Januari 2014

Mulai Februari 2014, Jokowi Buat 9 Waduk Baru

Upaya untuk mengurangi banjir di Jakarta terus dilakukan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) merencanakan membuat 9 waduk baru di Jakarta.
"Di Jakarta sendiri Februari akan dibangun 9 waduk baru," kata Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2014).
Ia mengakui, Jakarta sudah memiliki banyak perencanaan untuk mengatasi banjir namun lemah pada pelaksanaannya. Perencanaan membuat sembilan waduk ini pun menurut Jokowi sudah ada sejak kepemimpinan gubernur sebelumnya, namun belum juga dikerjakan hingga saat ini.
"Lahannya sudah bertahun-tahun ada tapi nggak dikerjain, makanya saya kerjain. Mungkin ada satu dua lokasi yang sudah diperuntukkan untuk waduk. Ada juga untuk ruang terbuka hijau," terang mantan walikota Solo ini.
Dari 9 lokasi waduk, 3 diantaranya yakni di wilayah Cengkareng, Marunda dan Rorotan. Luasnya pun beragam. "Ada yang 50 hektar, ada yang 40 hektar. Yang jelas mencapai ratusan hektar," ucap Jokowi.
Waduk-waduk baru ini dipercaya Jokowi berpengaruh banyak untuk mengurangi banjir di Jakarta. Ia mencontohkan waduk Pluit yang saat ini sudah memberikan dampak positif di wilayah Jakarta Utara padahal belum sepenuhnya dikeruk.
"Banyak (mengurangi banjir) karena contohnya Pluit. Belum kita keruk semuanya sudah mengurangi banjir banyak," ujar suami Iriana ini.
Jakarta sudah memiliki banyak waduk yang sementara dalam proses normalisasi seperti waduk Pluit, Ria Rio, waduk Melati dan beberapa waduk lainnya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar