Jumat, 03 Januari 2014

Berkostum Persija, Jokowi 'Gowes' ke Balaikota

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) bersepeda dari rumah dinasnya, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, ke kantornya di Balaikota, Jumat (3/1/2014) pagi. Jokowi mengenakan kaos klub sepakbola asal Jakarta, Persija, dengan nama punggung 'Joko Widodo'.
Pagi ini, sekitar 20 orang anggota komunitas "Bike to Work" menemani Jokowi gowes. Tampak pula Wali Kota Jakarta Pusat, Saefullah. Rombongan berkumpul di rumah dinas Jokowi, Jalan Taman Surapati, Menteng, Jakarta Pusat sejak Jumat pukul 06.00 WIB.
Mereka menempuh rute Jalan Imam Bonjol ke arah Bundaran Hotel Indonesia. Namun, sesampainya di Bundaran HI, rombongan berbelok kiri dan berputar di Dukuh Atas. Kemudian, menyusuri Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, dan masuk ke pelataran Monas.
Di Monas, rombongan berputar satu kali. Perjalanan rombongan tersebut pun berakhir di Balaikota. Jokowi mengaku mulai terbiasa dengan aktivitas yang dilakukan setiap hari Jumat tersebut.
"Orang sudah dua bulan," ujarnya.
Hari ini merupakan hari pertama penerapan Instruksi Gubernur Nomor 150 Tahun 2013 tentang penggunaan angkutan umum oleh pegawai negeri sipil di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Menurut Jokow, kesadaran tak menggunakan kendaraan pribadi memang harus dimulai dari sekarang. Banyak manfaat yang bisa diambil dari kebijakan baru tersebut.
"Ya tiga kali lah masa penyesuaiannya. Saya yakin berubah," ujar Jokowi.
Tidak hanya Jokowi, sejumlah pejabat seperti Pelaksana Tugas Sekretaris Pemprov DKI Wiryatmoko, Kepala Bappeda Sarwo Handayani, Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor, Deputi Gubernur Bidang Kependudukan dan Permukiman Syahrul Efendi juga menggunakan sepeda untuk berangkat ke kantor pada hari ini.
"Saya rasa ini baik untuk kita semua. Memang harus dimulai dari PNS, baru nanti menjadi teladan bagi masyarakat umum,"ujarnya.

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar