Jumat, 03 Januari 2014

Surva-surve: Kata Prapancha Research, Jokowi Capres Paling Top di Internet

Prapancha Research merilis penelitian mengenai 'Prediksi Sosial-Politik 2014'. Peneliti Prapancha Research M. Nirasma menyatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) paling banyak diperbincangkan di ranah digital.
"Jokowi memperoleh 84% atau 6.900.000 pembicaraan, sedangkan Megawati, Prabowo, dan Aburizal Bakrie jika digabungkan hanya mendapat 16% atau 1.300.000 pembicaraan. Ini membuktikan bahwa Jokowi paling banyak dikenal oleh publik," ujar Nirasma di Perpustakaan Pusat UI, Depok, Jawa Barat, Jumat (3/1/2014).
Penelitian ini dilakukan berdasarkan penyebutan kata kunci pada media sosial dan 5 portal berita online terbesar di Indonesia selama 2013 yakni detikcom, kompas.com, tribunnews, metrotvnews, dan okezone. Prapancha juga memprediksi bahwa faktor ketokohan lebih dipilih ketimbang mesin partai di 2014.
"Bila Jokowi maju capres dan tak ada peristiwa besar berarti yang mengganggu maka Jokowi diprediksi dapat memperoleh suara terbanyak," imbuh Nirasma.
Sementara itu mesin partai dinilai banyak mengalami pemberitaan negatif seperti kasus korupsi. Oleh karenanya ketokohan lebih banyak diperbincangkan publik.
"Pembicaraan kasus korupsi yang melibatkan PD dan PKS masih akan berlanjut dan mencederai citra keduanya di Pemilu 2014," tutur Nirasma.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar