Jumat, 20 Desember 2013

Mulai Tahun 2014, Walikota dan Kepala DInas Wajib Bersepeda

Mulai tahun depan, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) akan menerapkan bike to work (bersepeda ke kantor). Hal itu, akan dimulai oleh para Pegawai Negeri Sipil (PNS) pemprov DKI dari kantor-kantor walikota menuju ke kampung-kampung.
"Tahun depan, kita pengin sepedaannya dari kantor walikota terus ke kampung-kampung. Kita baru buat rute-rutenya. Nanti mungkin minggu depan selesai," kata Jokowi di Gedung Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2013).
Dengan begitu, ia bisa melihat langsung karut marut Jakarta.
"Kalau pakai mobil kan kadang-kadang ada yang terlewati, tapi kalau pakai sepeda akan lebih kelihatan masalah itu. Mulai tahun depan. Jadi minggu pertama hari Jumat bulan Januari, itu sudah mulai dari kantor walikota," kata Jokowi yang ketika menjadi Walikota Solo juga sering blusukan dengan menggunakan sepeda.
Jokowi juga berencana mengajak serta anak buahnya. "Ini kan kita baru nyoba 2 bulan, tidak ngajak dinas. Nanti kita ngajak dinas. Di situ sudah bisa liat dulu masalahnya di kampung itu apa, misalnya masalah drainase Kepala Dinas PU harus ikut. Lewat pasar, masalah pasar, kepala Dinas UMKM harus ikut, Dirut PD Pasar Jaya harus ikut. Setiap Jumat nanti. Ini kan kita baru nyoba-nyoba problem lapangannya apa bersepeda," papar Jokowi.
Nggak takut ramai, Pak? "Di kampuuung, tidak di jalan raya. Di kampung ya lebih aman. Enggak usah persiapan fisik," jawab Jokowi.
Namun Jokowi rupanya tidak akan mengajak serta Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). "Pak Wagub senengnya enggak sepedaannya sih," seloroh Jokowi.



Sumber :
- beritasatu.com
- detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar