Jumat, 24 Oktober 2014

Pengumuman Kabinet di Luar Istana, Cara Jokowi Ingatkan Menteri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut hendak mengumumkan susunan Kabinet Trisakti di lokasi yang berada di luar Istana. Rencana itu dinilai sebagai cara mengingatkan menteri.
"Itu simbol yang dia ingin lakukan, bahwa pemimpin harus memberdayakan masyarakat," kata sosiolog UIN Jakarta, Musni Umar saat berbincang di Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Jumat (24/10/2014).
Salah satu tempat yang nyaring disebut adalah Pelabuhan Tanjung Priok. Menurut Musni, pemilihan Tanjung Priok sebagai tempat pengumuman bukan tanpa sebab. Dia bilang, Tanjung Priok menyimbolkan keluasan laut Indonesia.
"Kalau mau umumkan di Tanjung Priok, ini para menteri harus punya perharian membangun indonesia melalui laut," imbuh dia.
Dia pun menampik, jika pengumuman itu hanya sekedar seremoni yang susah dipahami masyarakat. Sebaliknya, kata Musni, simbol yang dibuat Jokowi mampu ditangkap masyarakat.
"Saya kira itu dipahami masyarakat bawah. Artinya dia datang ke situ untuk memajukan dan memberi isyarat dekat dengan masyarakat, dan memberi sinyal besar memperhatikan mereka," jelas dia.  [metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar