Jumat, 24 Oktober 2014

KPK: Sebaiknya Jokowi Umumkan Calon Menteri di Istana Negara

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas, menilai pengumuman pengisi kabinet oleh presiden merupakan suatu yang sangat penting dalam pemerintahan. Karena itu, pengumuman nama-nama calon menteri tersebut sebaiknya dilakukan di tempat-tempat yang formal dan selaras padanannya.
"Pengumuman kabinet merupakan lambang kepemimpinan dan politik yang perlu dijaga muruah kenegaraannya. Pengumuman di Istana paling tepat," ujarnya, Jumat (24/10/2014).
Pendapat Busyro juga menyoroti rencana Jokowi yang akan mengumumkan nama-nama menterinya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Selain lazim di istana negara, lanjut Busyro, itu juga dapat menghindari hal-hal yang dapat mencederai demokrasi, seiring berjalannya pemerintahan nanti.
"Selain lazim dalam tradisi protokoler kenegaraan, juga menghindari lubang-lubang tawaran pihak manapun yang ingin mencuri hati Presiden dengan fasilitas tertentu. Sebaiknya semua pihak termasuk BUMN ikut menjaga muruah presiden sebagai simbol negara," kata Busyro.  [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar