Kamis, 04 September 2014

Lukman Hakim Diunggulkan Menjadi Calon Menag Jokowi-JK

Nama Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Lukman Hakim Saifuddin diunggulkan pembaca seleksimenteri.com menjadi calon Menteri Agama di kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla. Pria yang kini menjabat Menteri Agama itu mendapat dukungan sebesar 67 persen. Lukman mengalahkan tiga kandidat lainnya, yakni Komaruddin Hidayat dengan 21 persen, M Jasin 11 persen, dan Zaim Uchrowi 3 persen.
Hasil polling itu terhitung sejak Seleksi Menteri tahap ketiga diluncurkan Rabu (3/9/2014) kemarin. Lalu bagaimana jika Jokowi-JK benar-benar meminta dia meneruskan tugas sebagai Menteri Agama? "Tentu saya belum bisa jawab sekarang. Saya harus mendengar harapan beliau (Jokowi) terhadap saya terlebih dulu," ka‎ta Lukman di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (3/9/2014). ‎Ternyata Lukman khawatir apabila ekspektasi Jokowi kelewat besar terhadap dirinya. Lukman mengaku hanya berusaha menjalankan tugasnya sebagai Menag dengan sebaik-baiknya. "Jangan sampai harapan beliau‎ begitu besar tapi saya tidak mampu melaksanakannya," ujar Lukman. Program Seleksi Menteri detikcom kini memasuki babak ketiga. Ada 78 nama yang sudah lolos ke tahap ini.
Nama-nama tersebut lolos melalui pembahasan serius oleh tim pakar, dan kelompok kerja redaksi. Dasar yang menjadi bahan pertimbangan antara lain, hasil riset oleh kelompok kerja, masukan, informasi dari pembaca dan berbagai pihak.
Tim seleksi menteri juga mengadakan polling untuk masing-masing nama kandidat. Hasil polling menjadi salah satu yang dipertimbangkan oleh Pokja dan Tim Pakar, namun bukan faktor utama lolosnya seorang kandidat ke tahap selanjutnya.
Nama-nama yang lolos ditampilkan berikut posisi kementerian yang dianggap cocok oleh Tim Pakar untuk mereka. Pembaca dan masyarakat kami harapkan untuk memberikan informasi, masukan dan juga mengikuti polling dalam program seleksi menteri. Sistem polling hanya memungkinkan satu user memberikan satu suara untuk setiap kementerian.
Kelompok Kerja dari redaksi detikcom, dan Tim Pakar yang beranggotakan mantan Ketua KPK Chandra Hamzah, pakar hukum tata negara Refly Harun, pakar ekonomi Fauzy Ichsan, pakar IT Onno W Purbo dan pengamat kepolisian Aqua Dwipayana akan melakukan rapat lagi pada Kamis (11/9/2014).
Pada rapat itu Pokja redaksi dan Tim Pakar akan melakukan seleksi tahap akhir. Mulai hari ini Anda bisa memilih satu nama untuk satu kementerian. Selain itu, Anda juga bisa menentukan komposisi kementerian yang layak untuk kabinet Jokowi-JK di sini.   [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar