Kamis, 26 Juni 2014

Survei LSI: Jokowi-JK 45% atas Prabowo Hatta 38,7%

Jika pemilihan presiden (pilpres) dilaksanakan hari ini, pasangan nomor urut dua, Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) akan memenangkan kontestasi itu dengan angka 45 persen atas pasangan Prabowo Subianto -Hatta Rajasa dengan perolehan 38,7 persen.
Demikian kesimpulan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang dilaksanakan pada 1-9 Juni mendatang, yang dipublikasikan di Jakarta, Kamis (26/6/2014).
"Dari hasil survei ini, Jokowi dipilih oleh 45 persen responden," kata Peneliti LSI, Fitri Hari, di Jakarta.
Namun yang harus dicatat, LSI menemukan 8,1 persen dari pemilih Jokowi-JK masih ragu-ragu, atau pemilih militan pasangan itu adalah 36,9 persen responden.
Sementara untuk pasangan Prabowo-Hatta, dari 38,7 persen responden yang memilihnya, 7,8 persen di antaranya masih ragu-ragu atau pemilih militan hanya 30,9 persen.
Sementara jumlah responden yang belum menentukan pilihan adalah 16,3 persen. Dengan demikian, lanjut Fitri, ada 32,2 persen 'pemilih galau' atau swing voter. "Ini justru temuan terpenting, bahwa masih ada pemilih galau 32,2 persen, yakni pemilih yang belum memutuskan digambungkan dengan pemilih yang masih ragu-ragu pada capres," kata Fitri.
LSI meyakini, pemenang pilpres adalah mereka yang memenangkan hati dan pikiran yakni sebanyak 32,2 persen swing voter
Survei nasional itu dilakukan di 33 provinsi dengan jumlah responden 2.400 orang. Responden dipilih berdasarkan metode multistage random sampling. Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka, dengan margin error plus minus 2 persen.  [beritasatu]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar