Jumat, 25 April 2014

Jumat 'Suci' PDIP

Cawapres pendamping Jokowi tak belum juga diumumkan. Namun sudah ada petunjuk soal waktu pengumuman, yaitu hari Jumat, yang disebut elite PDIP sebagai Jumat suci.
Soal istilah Jumat suci ini dilontarkan oleh Wasekjen PDIP Ahmad Basarah. Menurut dia, momen penting dalam sejarah PDIP banyak terjadi di hari Jumat, seperti penetapan capres Jokowi.
"Saya memberikan indikasi terkait hari Jumat, biasanya dipakai KPK untuk menahan calon tersangka, Jumat keramat. PDIP juga memutuskan capres Jumat. Rujukannya Bung Karno yang memutuskan kemerdekaan pada Jumat. Kami menyebutnya sebagai Jumat suci," kata Basarah kemarin.
Basarah memberi petunjuk cawapres Jokowi juga akan diumumkan di hari Jumat. Namun dia tak merinci tanggal hari Jumat yang dimaksud.
"Tunggu saja. Secara teoritis bisa juga diambil pada Jumat. Apakah Jumat besok atau Jumat depan, silakan tunggu," imbuhnya.
Menyahut pernyataan Basarah, capres PDIP Jokowi memberi petunjuk serupa. Saat ditanya soal waktu pengumuman cawapres, Jokowi meminta wartawan mengingat waktu penetapan dirinya sebagai capres.
"Kemarin deklarasi capresnya kapan?" tanya Jokowi ke wartawan di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/4/2014).
"Jumat, Pak," jawab wartawan. Jawaban ini direspon senyuman oleh Jokowi yang kemudian meninggalkan wartawan.
Penetapan capres Jokowi memang dilakukan di hari Jumat, tepatnya pada 14 Maret 2014. Saat itu Jokowi mengumumkan pemberian mandat capres kepada dirinya secara sederhana di depan Rumah Pitung, Marunda, Jakarta Utara. Tak ada perayaan berarti dalam momen penting tersebut. Jokowi hanya mencium bendera merah putih yang ada di belakangnya. Setelahnya, dia melanjutkan kegiatan blusukan.
Beberapa saat kemudian, di kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, dibuat jumpa pers pengumuman pencapresan Jokowi. Sama seperti di Marunda, tak ada seremoni heboh dalam jumpa pers itu. Acara puncak hanya berupa pembacaan perintah harian dukungan pencapresan Jokowi dari Megawati Soekarnoputri yang dibacakan oleh Ketua Bappilu PDIP Puan Maharani.
Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait menyebut situasi saat ini mirip dengan kondisi menjelang pencapresan Jokowi pada Maret lalu. Saat itu, penuh rumor soal waktu pencapresan Jokowi.
"Ini kan hampir sama seperti dua bulan lalu, begitu banyak pertanyaan soal capres PDIP. Situasi sekarang hampir sama," nilai Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait saat dihubungi, Kamis (24/4).
Situasi penuh rumor saat itu ditutup dengan penetapan capres yang mengejutkan di hari Jumat. Bagi PDIP, itu berarti Jumat 'suci' pertama bagi Jokowi. Akankah Jumat besok menjadi Jumat 'suci' selanjutnya bagi Jokowi? [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar