Selasa, 11 Februari 2014

Di Waduk Marunda, Jokowi Ditagih Pembayaran Pembebasan Lahan

Kedatangan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), di lokasi pembangunan Waduk Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, dimanfaatkan warga sekitar untuk menumpahkan unek-unek. Orang nomor satu di Jakarta itu dicecar kepastian soal pembebasan lahan milik warga.
"Pak warga pada nanya, kapan ya pembayaran lahan kami diselesaikan? Warga mau secepatnya," kata Ketua RT 03/02, Muhrom, di lokasi waduk, perkampungan Marunda, Cilincing, Jakut, Selasa (11/2/2014).
Beberapa warga mendatangi Jokowi untuk mengeluhkan proses pembebasan lahan yang sudah dimulai sejak tahun 2010, namun belum juga tuntas hingga saat ini.
Jokowi yang kaget diberi pertanyaan tersebut lantas menjanji akan segera membayar pembebasan lahan tersebut. Kepala Dinas PU, Rudi Manggas Siahaan, yang berada di samping Jokowi juga ikut menerangkan pembayaran tersebut segera dicairkan ketika APBD DKI Jakarta tahun 2014 sudah selesai di Kemendagri.
"Kalau berdasarkan APBD, mungkin April akan dibayar," kata Jokowi pada warga.
Jawaban Jokowi membuat hati warga tentram. "Tuh Bapak Ibu, kata Pak Jokowi (bulan) April dibayar," ujar Muhrom pada warganya yang mengerumuni Jokowi.
Menurut Muhrom, sekitar 7 RT termasuk wilayahnya yang dibebaskan untuk pembangunan waduk.
Ia lalu bercerita sedikitnya ada 115 KK di RT 03/02 yang belum diberi kepastian seputar pembebasan lahan.
Muhrom mengklaim warga perkampungan tersebut ingin dipindahkan secepatnya. "Soalnya suara eskavator yang ngeruknya berisik katanya pak," teriak Muhrom.
Menanggapi hal itu, Jokowi juga berjanji akan diberi ganti rugi sesuai NJOP dan dipindahkan ke rusun.
"Nanti akan dipindahkan ke rusun. Dikasih ganti rugi dan dikasih rusun. Kalau nggak mau ya nggak usah," kata Jokowi pada warga yang sempat menolak jika hanya diberi rusun saja.
Waduk Marunda adalah satu diantara 9 waduk yang akan dibangun Pemprov DKI Jakarta selama tahun 2014. Rencananya di bulan Februari akan ada 3 waduk yang dimulai pembangunannya yakni Waduk Marunda, Waduk Rorotan dan Waduk Cengkareng.
Dalam kesempatan ini Jokowi sempat membagi-bagikan buku pada warga yang bermukim di perkampungan tersebut.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar