Jumat, 17 Januari 2014

Surva-surve PDB: Jokowi JK Top

Survei telepolling yang dilakukan Pusat Data Bersatu (PDB) menunjukkan elektabilitas duet Gubernur Daerah Khusus Ibukota, Joko Widodo, dengan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai calon presiden dan wakil presiden 2014 tertinggi. Pasangan tersebut meraih 17,4 persen suara.
"Berdasarkan survei capres dan cawapres ini, elektabilitas Jokowi tinggi terutama ketika dipasangkan dengan JK," kata Ketua PDB, Didik J. Rachbini, di Jakarta, Jumat (17/1/2014).
Didik mengatakan calon wakil presiden Jokowi haruslah orang yang bisa mengambil keputusan yang bagus. Menurut Didik, Jusuf Kalla adalah calon yang memenuhi kualifikasi tersebut. "JK kan cepat dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah. Sehingga bagus dipasangkan dengan Jokowi," kata Didik.
Didik mengatakan Jusuf Kalla akan menyapu suara di Indonesia bagian timur, sedangkan Jokowi di pulau Jawa. Namun, Didik mengingatkan, keputusan tetap ada di tangan partai. "Itu hanya kemungkinan saja," katanya.
Peneliti Senior PDB, Agus Herta Sumarto, mengatakan pemasangan calon presiden dan wakil presiden dalam survei tersebut berdasarkan analisis tim dan pertimbangan aspek politik. Misalnya Prabowo tidak mungkin dijadikan calon wakil presiden karena telah menyatakan diri sebagai calon presiden. Tetapi, calon wakil presiden untuk Prabowo tidak mungkin berasal dari PDI Perjuangan dan Partai Golongam Karya.
"Jadi yang paling memungkinkan itu (Prabowo-Hatta)," kata Agus.
Namun, PDB enggan memasangkan Jokowi dengan wakil Gubernur Jakarta, Basuki Cahaya Purnama, dalam survei. "Siapa nanti yang memimpin Jakarta," kata Didik
Survei yang dilakukan ini melalui telepoling atau wawancara melalui telepon sepanjang tangga 4-8 Januari 2014. Survei dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 1200 orang dari 11 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Jayapura. Responden dipilih secara acak sistematis berdasarkan buku petunjuk telepon residensia uang diterbitkan oleh PT Telkom. Margin of error survei ini sekitar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut adalah hasil survei calon presiden dan wakil presiden versi PDB :

  1. Jokowi - Jusuf Kalla sebesar 17,4 persen
  2. Jokowi - Hatta Radjasa sebesar 6,2 persen
  3. Megawati - Jokowi sebesar 5,3 persen
  4. Prabowo Subianto - Hatta Radjasa sebesar 5 persen
  5. Dahlan Iskan - Chairul Tanjung sebesar 4,2 persen
  6. Abu Rizal Bakri - Mahfud Md sebesar 2,8 persen
  7. Pasangan lainnya sebesar 24,6 persen
  8. Belum terpikir/ tidak tahu / tidak jawab sebesar 34,4 persen
Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar