Selasa, 10 Desember 2013

Jokowi Masuk Daftar The Leading Global Thinkers 2013

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tak hanya moncer di dalam negeri. Jokowi ternyata juga mendapat perhatian dunia. Kini, Jokowi menjadi salah satu tokoh yang masuk dalam daftar The Leading Global Thinker 2013 versi Foreign Policy, majalah yang bernaung di bawah Wasington Post.
Ada 134 tokoh dunia yang masuk dalam daftar tersebut. Jokowi disejajarkan dengan tokoh-tokoh dunia sekaliber John Kerry, Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Iran Hassan Rouhani, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan bahkan Paus Fransiskus.
Mantan kontraktor Badan Keamanan Amerika Serikat (NSA) Edward Snowden menempati urutan pertama dalam daftar tersebut. Sementara Jokowi nangkring di urutan ke-39.
Dalam ulasannya, Foreign Policy menyebut Jokowi sebagai penggemar berat grup musik Metalica. Jokowi juga ditulis sebagai sosok sederhana, tak seperti politisi Indonesia lain yang memiliki banyak duit dan berasal dari dinasti politik tertentu. Jokowi ditulis sebagai pria yang terlahir dari keluarga miskin.
Foreign Policy juga menulis program Jokowi saat menjadi Gubernur DKI bukan masalah yang glamor. Proyek terbesar Jokowi justru dimulai dari menormalisasi sungai untuk mencegah banjir di Ibukota. "Yang tidak menarik tapi praktis," demikian dikutip Liputan6.com dari Foreign Policy, Selasa (10/12/2013).
Ulasan itu juga menyebut Jokowi tengah diharapkan maju dalam Pilpres 2014. Foreign Policy juga meulis hasil sejumlah survei yang mengunggulkan Jokowi.

Sumber :
liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar