Rabu, 20 November 2013

Isi Kuliah Umum di Unpad, Jokowi Curhat Sulitnya Atur PKL

Suasana terasa akrab saat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan materi kuliah umum di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Di hadapan ratusan mahasiswa, Jokowi curhat soal pedagang kaki lima (PKL).
Jokowi bercerita soal PKL di beberapa kawasan Jakarta yang sudah berdiri puluhan tahun silam. Sebagai orang yang dipercaya memimpin pemimpin DKI Jakarta, Jokowi punya kewenangan menata PKL. "Jalan raya ini malah dijadikan PKL," kata Jokowi.
Jokowi menyampaikan hal itu di kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Rabu (20/11/2013) sambil menantap foto-foto PKL menumpuk di kawasan Tanah Abang yang terpampang di dua layar lebar.
Kesemerawutan PKL menggelar lapak di sembarang tempat membuat Jokowi mengernyitkan dahi. Giliran foto-foto PKL di Pasar Minggu ditampilkan. "Kalau ini di tengah jalan. PKL dibiarkan jualan di tengah jalan," kata Jokowi yang tampil berkemeja putih lengan panjang.
Jokowi memperlihatkan ilustrasi ragam permasalahan yang mendera ibu kota Indonesia. Namun dia menyampaikan PKL-PKL di lokasi tersebut sukses diatur. "Kalau sekarang sudah bersih," kata Jokowi sembari tersenyum yang disambut tepuk tangan hadirin.
Jokowi paham persoalan isu perut kaum minoritas. Tapi demi ketertiban dan kenyamanan, sambung Jokowi, para PKL mesti mengikuti aturan hukum. "Saya ngerti PKL ini wong cilik. Tapi saya enggak mendidik mereka supaya enggak tertib hukum. Semua harus tertib hukum. Saya enggak menggusur mereka, tapi menggeser. Nah, menggeser ini solusi," tuturnya.
Lebih lanjut Jokowi memaparkan, keberadaan PKL kerap menjadi biang kemacetan lalu lintas. Tetapi menata PKL, bukan cara mengatasi kemacetan di Jakarta. Dia menyebut, salah satu solusi mengurai kemacetan ialah membuat transportasi massal.
Kuliah umum yang digelar BEM Fakultas Hukum Unpad ini bertajuk Good Governance. Hadir sekitar 500 mahasiswa Unpad. Usai acara tuntas, ratusan mahasiswa menguber Jokowi untuk foto bareng. Jokowi tampak ramah melayani anak-anak tersebut.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar