Jumat, 11 Oktober 2013

Ini Program Prioritas Tahun Kedua Gubernur Jokowi

Empat hari lagi Joko Widodo (Jokowi) genap setahun sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tahun pertama ini program Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar diluncurkan, proyek MRT yang telah 24 tahun direncanakan sudah pula dimulai.
Apa rencananya untuk tahun ke dua?
"Pengadaan bus yang 4 ribu unit. Itu nantinya bus sedang 3 ribu dan seribu untuk bus TransJakarta. Kemudian rusun dua ratus blok. Tapi belum persetujuan dewan lho, ini pengajuan kita," jawab Jokowi di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2013).
Selain itu, Jokowi juga ingin meningkatkan penyerapan APBD DKI 2013. "Sekarang ini sudah lebih 40 persen, tapi masih tetap rendah," kata Jokowinya.
Jokowi merasa, tahun pertamanya menjabat sebagai Gubernur DKI dijalani dengan lancar. Tidak ada masalah berarti. Bahkan, Jokowi mengatakan 'sensasinya' sama saja saat dirinya menjabat sebagai Wali Kota Solo dulu.
"Sama saja rasanya, cuma masalah ukuran saja," kata Jokowi.
Jokowi mengungkapkan bahwa menjelang satu tahun ini tidak ada yang bisa diistimewakan. Sebab, menurutnya, kinerja sebagai gubernur tidak bisa diukur dengan masa kerja satu tahun.
"Jelang satu tahun di-apain. Di-ulang-tahunin? Semua biasa-biasa saja, apa gituh loh, biasa-biasa saja," kata Jokowi.
Ketika para wartawan menanyakan berapa persen permasalahan di Jakarta yang telah Jokowi selesaian, Jokowi mengaku persoalan Jakarta masih menggunung.
"Berapa persen gimana? Problemnya di sini bergunung-gunung, masa dipersentase, dilihat aja progresnya sendiri nanti masyarakatnya yang menilai. Kalau disurvei lihat saja tingkat kepuasan masyarakat seperti apa, nanti akan kelihatan," kata Jokowi.
Meski banyak persoalan di Jakarta, Jokowi optimis menyelesaikan secara satu persatu. Menurutnya selama menjadi Gubernur, Jokowi mengatakan belum ada kendala yang sulit, sekalipun programnya sering terbentur oleh pemerintah pusat.
"Syukur gak ada kendala, gesekan-gesekan sedikit, yang penting MRT udah dimulai sudah, ngapain kita harus mengeluh gara-gara mobil murah, yang penting ada jalan keluarnya," jelasnya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar