Jumat, 11 Oktober 2013

Jokowi Siapkan 100 unit Pawang Geni dari Solo

Untuk mengantisipasi maraknya kebakaran di ibu kota, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memesan 100 unit Pawang Geni di Solo, Jawa Tengah. Pawang Geni adalah sebuah alat pemadam kebakaran dengan sistem pompa manual yang sangat cocok digunakan di pemukiman padat.
Pencipta pawang geni, Sri Utomo mengatakan, Jokowi telah memesan beberapa waktu lalu. Saat ini dia sedang mengerjakan peralatan tersebut dengan melibatkan siswa SMK.
"Beliau pesan 100 unit beberapa waktu lalu. Bulan Desember diharapkan sudah bisa dikirim ke Jakarta," kata Utomo di Solo, Jumat (11/10/2013).
Menurut Utomo, Pawang Geni memiliki ukuran panjang 155 cm, lebar 68 cm dan tinggi 150 cm. Ukuran ini memungkinkan alat itu untuk mencapai lokasi kebakaran yang sulit dijangkau mobil pemadam kebakaran.
"Ukuran ini bisa untuk masuk ke kampung-kampung yang padat dan gang kecil," kata Utomo.
Utomo menerangkan, berdasarkan uji rating yang dilakukan oleh UPT Laboratorium Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, kemampuan Pawang Geni masuk kategori A 10.
Alat pemadam api itu mampu memadamkan kobaran api pada ruang 3,5 meter persegi dalam waktu 14 detik dengan 73,5 liter air.
"Pawang geni ini dilengkapi empat pompa manual, satu tangki dengan kapasitas 250 liter air, dan selang air berdiameter 1,5 inchi, coupling machino sepanjang 20 meter. Jarak pancar maksimalnya mencapai 17 meter," kata Utomo.
Lebih lanjut Utomo mengatakan, selain tangki utama, Pawang Geni juga didesain untuk menggunakan tangki tambahan, jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam satu RW, lanjut Utomo, bisa ditempatkan satu atau dua pawang geni, kemudian di setiap RT disediakan tangki cadangan.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar