Selasa, 24 September 2013

Jokowi Ingin Puskesmas Tak Diremehkan

Salah satu kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dan Universitas Gajah Mada (UGM) yang disahkan hari ini adalah tentang peningkatan kualitas Puskesmas. Targetnya agar pelayanan kesehatan jadi makin baik dan warga tidak lagi meremehkan kemampuan Puskesmas dalam menangani masalah kesehatan.
"Terkait dengan isu kesehatan, utamanya adalah bagaimana meningkatkan kualitas dan juga dukungan terhadap pelayanan dasar," ujar Rektor UGM Praktikno di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/20013).
Menurut Praktikno sejauh ini masyarakat cenderung langsung berobat ke rumah sakit besar. Bukan ke pusat-pusat pelayanan kesehatan dasar seperti Puskesmas yang sebenarnya lebih dekat dengan tempat tinggal mereka.
"Nah kita mendukung keinginan untuk memperkuat pelayanan dasar ini," katanya.
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) juga menanggapi positif masukan dari UGM. Dia menegaskan Puskesmas ada di barisan terdepan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan karenanya jangan sampai malah dihindari warga gara-gara kemampuannya diragukan. Nantinya para dokter di Puskesmas akan diberi pelatihan oleh UGM agar kualitasnya sama dengan yang di rumah sakit besar. "Masalah kesehatan dan pelayanan primer juga penting sekali. Sehingga perlu sebuah program spesialisasi dokter, ada sebuah pelatihan yang nanti citra di pelayanan dasar ini bisa terdongkrak. Orang ke Puskesmas saja sudah merasa bahwa dia sudah ditangani dengan baik," kata  Jokowi.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar