Senin, 19 Agustus 2013

Jokowi Kader PDIP yang Loyal

Nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tak masuk 11 peserta konvensi capres Partai Demokrat (PD). Sikap Jokowi seperti itu menunjukkan sebagai sosok kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang loyal.
Dari hampir semua survei yang diadakan, Jokowi selalu bertenger dipuncak elektabilitas survei. Kepopuleran dan elektabilitasnya terus merangkak naik setelah duduk sebagai orang nomor satu DKI Jakarta.
Imbasnya, Jokowi terus digoda untuk berpasangan dengan calon lainnya. Tak hanya itu, Jokowi juga sempat akan diundang untuk ikut konvensi PD meski Jokowi dengan tegas menolaknya dengan mengatakan "Saya ini kader PDIP".
"Dia (Jokowi) loyal. Padahal partai belum memutuskan apa-apa soal pencapresan," kata Ketua PDIP Maruarar Sirait (Ara), di Jakarta, Senin (19/8/2013).
Sikap Jokowi tersebut juga menepis paradigma pragmatisme para politisi yang selama ini dipraktekkan. Tidak sedikit politisi yang pindah partai demi mendapatkan peluang kekuasaan.
Bahkan jika terjadi konflik internal partai, tidak jarang juga politisi memilih langsung hengkang atau membuat partai baru.
"Sangat susah dimengerti politisi yang punya tingkat keloyalan seperti itu," papar Ara.
Sekretaris Komite Konvensi Capres PD, Suaidi Marassabessy, mengungkapkan saat ini ada 11 nama kandidat perserta konvensi capres PD. Nama Jokowi tak masuk salah satu di antaranya.
"Yang masuk 11 orang, nggak ada Jokowi," kata Suaidi.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar