Selasa, 04 Juni 2013

Ketua DPRD Tuding Anak Buah Jokowi Hobi Pelesiran

Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan dari partai Demokrat menegaskan kunjungan kerja ke negara yang tergabung dalam sister city tidak hanya dilakukan oleh pihaknya. Namun, anak buah Gubernur Joko Widodo (Jokowi) di lingkungan Pemprov DKI juga memiliki program yang serupa dan juga telah dianggarkan.
"Kegiatan sister city bukan kegiatan DPRD saja, sister city di Pemda juga ada. Pemda punya anggaran juga," ujar Ferrial saat dihubungi, Jakarta, Senin (3/6/2013).
Menurut Ferrial, biaya untuk kunjungan kerja ke negara yang tergabung dalam sister city memang dianggarkan setiap tahunnya. Untuk diketahui, negara yang menjadi sister city Jakarta di antaranya Houston, Los Angeles, New York, Beijing (China) dan Seoul (Korea Selatan).
"Mereka DPRD-nya melakukan kunjungan ke sini, wajar kalau kita juga akan berkunjung ke sana," tegas Ferrial.
Sedangkan hal-hal yang akan dibahas selama kunjungan itu adalah kerja sama di berbagai bidang. Baik bidang ekonomi ataupun budaya.
"Dan itu ada perjanjiannya. Dan perjanjian itu harus ada persetujuan dengan DPRD," katanya.
Politikus Demokrat ini kembali mengingatkan betapa pentingnya kunjungan kerja yang menghabiskan anggaran Rp 1,8 miliar itu. Pasalnya, DPRD sebagai lembaga pengawas proyek pembangunan yang dilakukan oleh Pemrov DKI, DPRD harus tahu seluk beluk semua kegiatan pembangunan.
"Seperti contoh monorail, kita laksanakan monorail yang direncanakan lalu, jelas tidak pas. Karena monorail lalu kapasitasnya terbatas, daya angkutnya terbatas. Kalau monorail sekarang satu gerbong di atas 100 orang, satu rangkaian ada 6 gerbong, misalkan jumlahnya itu, 6 gerbong kali 100, 600 orang. Kan luar biasa daya angkutnya," papar Ferrial.
"Tapi kalau misalnya ujug-ujug didatangkan ke sini, DPRD tak menyetujui, ya gak bisa juga. Semua kegiatan pembangunan yang nantinya membebani masyarakat, harus persetujuan DPRD. Nanti subsidinya bagaimana? Kedua untuk membangun rel, halte, itu ada kaitannya dengan kita. Terkait tata ruang, dan anggarannya," tandasnya.


Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar