Senin, 11 Maret 2013

Jokowi tinjau pengerjaan Tol Tanjung Priok

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan pembangunan Tol Tanjung Priok di Jakarta Utara. Jokowi sengaja memantau langsung untuk mempelajari hambatan proyek ini seperti soal pembebasan lahan di empat titik.

"Moga-moga (masalah pembebasan) selesai 3-4 titik. Pak wali kota (Jakarta Utara, Bambang Sugiono) sudah sampaikan, dua bulan selesai lah," kata Jokowi usai bertemu Dirjen Bina Marga Kementerian PU, Djoko Muryanto di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Proyek E2, Semper Barat, Jakarta Utara.

Jokowi siap membantu Bambang bernegosiasi dengan warga soal pembebasan lahan itu. Jokowi optimis warga dapat mengerti dengan pembangunan proyek ini.

"Kalau memang nggak bisa nanti saya ikut turun enggak apa-apa. Kita pingin ajak masyarakat karena ini untuk kepentingan negara, ekonomi, umum ya win-win (solution). Kita juga nggak ingin merugikan lah tapi pekerjaan proyek ini jangan sampai terlambat," jelasnya.

Nantinya, tol ini dikhususkan untuk angkutan barang mengingat semakin tingginya aktivitas di pelabuhan. "Kalau akses nggak segera disiapkan tidak segera selesai itu bisa jadi terhenti dan problem untuk pelabuhan," tegas Jokowi.

Sebelumnya, pihak Pelindo mengeluhkan soal pembebasan tanah dalam pengerjaan proyek ini. Akibatnya, pembangunan tol mengalami sedikit hambatan.

"Ruas akses ini jantung, akses ekonomi vital. Kalau tidak segera diselesaikan tentunya akan menghambat ekspor impor dan sebagainya. Kami berharap pak gubernur untuk segera diselesaikan hambatannya," ujar perwakilan Pelindo, RJ Lino dalam rapat tertutup sebelumnya.

Sementara itu Dirjen Bina Marga KemenPU Djoko Muryanto mengatakan akses tol memiliki beberapa ruas yakni E1, E2, E2A, NS.


Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar