Kamis, 22 Januari 2015

Jokowi Tetap Tunda Pelantikan Komjen BG

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap menunda pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri terpilih. Meskipun didesak oleh partainya, PDI Perjuangan, Jokowi tetap belum akan melantik Kepala Lembaga Pendidikan Polri itu.
Hal itu disampaikan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto disela-sela istirahat rapat koordinasi Presiden Jokowi dengan bupati seluruh Indonesia di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/1/2015).
"Saya pikir enggak ada perubahan. Selama itu terjadi (proses hukum) pelantikan Pak BG sebagai Kapolri ditunda," kata Andi.
Andi menegaskan, Presiden tidak akan berubah pikiran selama proses hukum di lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi belum berakhir. Ihwal Budi mundur dari Kepala Lembaga Pendidikan Polri, jawab Andi tetap sama.
"Yang diputuskan Presiden seperti yang disampaikan hari Jumat malam itu. Tidak ada perubahan sampai sekarang," papar mantan Deputi Tim Transisi ini.
Pihak Istana enggan berkomentar terkait kuasa hukum Budi yang melaporkan pimpinan KPK, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto, ke Kejaksaan Agung atas pembiaran kasusnya. "Saya belum ada arahan apa-apa tentang itu," kata Andi.
Seperti diberitakan, Jokowi menunda pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri. Padahal, Budi sudah disetujui DPR bersamaan dengan pelengseran Jenderal Sutarman dari posisi Kapolri. Jokowi lantas menunjuk Wakapolri Komjen Badrodin Haiti melaksanakan tugas, wewenang dan tanggung jawab Kapolri. [metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar