Jumat, 31 Oktober 2014

Jokowi Minta 10, Menperin Inisiatif Bangun 13 Kawasan Industri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta 10 kawasan diluar pulau Jawa dijadikan kawasan industri. Hal tersebut bertujuan untuk membangun perekonomian dan meratakan kesejahteraan diluar pulau Jawa.
Menteri Perindustrian Saleh Husin bersama Menteri Perdagangan dan Menteri Koperasi dan UKM, membuat penelitian dan memunculkan 13 wilayah diluar pulau Jawa yang berpotensi dibangun menjadi kawasan industri.
Dari 13 wilayah ada lima provinsi yang akan didatangkan yakni Papua, Maluku Utara Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, dan Lampung.
Husin menegaskan jika ada kawasan diluar pulau Jawa punya potensi, Kementerian Perindustrian tak ragu-ragu untuk memajukannya melebihi dari yang ditargetkan presiden Jokowi.
"Totalnya ada 13. Lebih banyak lebih bagus," ujar Husin di Menara Kadin, Jumat (31/10/2014).
Husin menjelaskan setiap wilayah akan mempunyai bidang industri yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan sumber daya alam dan infrastruktur yang ada di setiap wilayah tersebut.
"Disamakan di daerah masing-masing, potensi disesuaikan bahan baku," ungkap Husin.
Husin menambahkan, kawasan tersebut akan dekat dengan akses distribusi. Sehingga produksi bisa dikirim baik domestik maupun untuk diekspor.
"Infrastruktur yang dicari yang dekat dengan akses, misalnya dekat pelabuhan atau bandara," jelas Husin.  [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar