Jumat, 05 September 2014

Jokowi: MP3EI Prioritaskan Bangun Waduk

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengatakan program Masterplan Percepatan Pembangunan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (MP3EI), harus dievaluasi terlebih dahulu sebelum dilanjutkan pada pemerintahan mendatang. Jokowi menegaskan proyek yang baik akan tetap dilanjutkan, terutama di sektor pertanian untuk ketahanan pangan.
"Ya semuanya harus kita lihat, yang baik dilanjutkan, yang cocok dilanjutkan, yang tidak pas, masih kurang, kita paskan. Saya kira itu. Karena orientasi jelas berbeda, orientasi misalnya kita masuk ke pertanian, kedaulatan pangan itu prioritas," ujar dia di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (5/9/2014).
Jokowi menilai program MP3EI mendatang tidak jauh berbeda dengan pemerintahan SBY. Hanya, kata dia, ada program yang harus diprioritaskan yaitu kedaulatan pangan.
"Kalau misalkan kedaulatan pangan untuk pertanian apa yang harus dibangun, waduk, waduk, waduk. Kan juga tadi juga ada waduk. Kalaupun baru dimulai tapi itu kan ada. Ya tadi contohnya," kata dia.
Untuk itu, Jokowi bakal mempercepat pembangunan dalam rangka kedaulatan pangan di dalam program MP3EI. Salah satunya, membangun bendungan untuk pengairan sawah-sawah milik para petani.
Selain itu, Jokowi juga bakal menarik investor apabila pendanaan melalui APBN untuk membangun proyek MP3EI tidak mencukupi.
"Ya infrastruktur sangat diperlukan, kalau APBN tidak cukup, tidak siap bisa dicarikan lewat investasi, lewat investor. Tapi infrastruktur apa dulu. Kalau kita memang akan cenderung masuk ke transportasi laut dan rel. Tadi yang rel ada kan. Saya kira di depan sudah saya sampaikan dan kita tidak bisa komentar banyak," pungkas dia.  [merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar