Jumat, 05 September 2014

Jokowi Akan Bongkar Konsep MP3EI Warisan SBY

Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi) menginginkan konsep baru dalam program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Sebab tidak semua program besutan pemerintahan SBY-Boediono ini sesuai dengan orientasi pembangunan Jokowi-JK.
"Yang jelas akan ada konsep baru, semuanya harus kita lihat dulu, yang baik dan cocok dilanjutkan, yang tidak pas dan masih kurang, kita paskan, saya kira itu," ujar Jokowi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (5/9/2014).
Program Jokowi tersebut lebih mengedepankan pembangunan di bidang, pertanian, kedaulatan pangan dan maritim. Oleh sebab itu, Gubernur DKI ini hanya memilih proyek MP3EI yang mendukung pemerintahannya lima tahun ke depan.
"Enggak banyak perbedaan, tapi kita akan prioritaskan yang berkaitan dengan orientasi kita, seperti percepatan pembangunan waduk, bendungan, irigasi, dan transportasi laut untuk mendukung program utama kita," tutur dia.
Ketika ditanya soal anggaran pembangunan infrastruktur, Jokowi menyatakan siap mencari dana dari para investor demi merealisasikan program-program tersebut.
"Kalau APBN tidak cukup untuk pembangunan infrastruktur kita akan carikan investor, terutama untuk pembangunan infrastruktur laut dan darat, seperti rel kereta," ungkap Jokowi.
Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Ketua Tim Transisi Jokowi-JK Andi Widjajanto. Dia mengatakan akan ada modifikasi MP3EI pada masa pemerintahan Jokowi-JK ke depan, dikarenakan anggaran untuk keseluruhan proyek, termasuk dalam program MP3EI mencapai Rp 4.100 triliun. [metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar