Selasa, 26 Agustus 2014

Jokowi Tentang Kenaikan BBM dan Menteri Kabinet Jokowi-JK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan menanggapi rencana kenaikan harga bahan bakar minyak. Dia menyerahkan keputusan itu kepada pemerintah saat ini. "Yang mau menaikkan siapa? Tanya sama pemerintah yang sekarang, dong," ujar Jokowi, Selasa (26/8/2014).
Rencana kenaikan BBM kembali dibahas menjelang berakhirnya pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Kebijakan itu diambil guna mengurangi beban subsidi yang masih tergolong tinggi.
Jokowi sebelumnya sempat menyatakan persetujuannya. Ia berharap pencabutan itu bisa dialokasikan untuk sekor produktif.
Jokowi belum bisa menilai apakah kenaikan itu tepat dilakukan saat ini atau pada era pemerintahannya. Dia pun enggan menanggapi apakah kenaikan itu akan berdampak pada kinerja pemerintahannya. Sikap atas persoalan itu baru akan dipastikan setelah menemui Presiden SBY di Bali esok hari. "Nanti saja," ujar Jokowi.

Tentang Menteri
Jokowi mengatakan akan tetap melibatkan ketua partai anggota koalisi Indonesia Hebat untuk menentukan bursa calon menteri. "Kamu tuh bisa mengusulkan, apalagi ketua partai," ujarnya, Selasa (26/8/2014).
Penentuan susunan kabinet baru, Jokowi melanjutkan, akan ditentukan pertengahan September seusai dibahas dengan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla (JK). Pandangan dari partai koalisi pun akan diikutsertakan. "Kalau ada yang tidak sepakat? Ya dibuat agar sepakat," katanya.
Jokowi membentuk Tim Transisi yang menyiapkan opsi postur pemerintahan lima tahun mendatang. Wakil Kepala Tim Transisi Andi Widjajanto beberapa waktu lalu mengatakan timnya hanya memberikan opsi mengenai arsitektur kabinet dan kelembagaan. "Tim tak mengajukan nama," katanya.
Menurut Jokowi, keterlibatan ketua partai diperlukan untuk memberi masukan tentang formasi kabinet yang ideal. Hanya saja, mereka belum bisa dilibatkan lantaran kesibukan masing-masing. "Yang satu bisa, yang lain enggak, yang satu pulang, yang satu pergi. Nanti ketemu ketua-ketua partai dulu," ujarnya.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar