Selasa, 26 Agustus 2014

Jokowi Ajari Paspampres di Marunda


Presiden sekaligus Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke proyek pembangunan Waduk Rawa Kendal di Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (26/8/2014).
Progres pembangunan waduk baru ini sudah mendekati 50 persen.
Saat Jokowi meninjau lokasi, ada enam unit eskavator yang sedang bekerja. Jokowi mengatakan, Waduk Rawa Kendal rencananya dibangun dengan luas 50 hektare.
Namun, lahan yang sudah berhasil dibebaskan baru 21 persen.
"Memang masih banyak yang belum. Makanya ini sambil dibebaskan sambil dikerjakan, supaya cepat," ujar dia yang didampingi Dinas Pekerjaan Umum Manggas Rudy Siahaan.
Jokowi menargetkan, jika pembebasan lahan berlangsung lancar, Waduk Rawa Kendal sudah rampung tahun depan.
Waduk yang akan memiliki kedalaman lima sampai tujuh meter ini dibangun di atas lahan bekas sawah dan empang. Waduk ini bisa menampung satu juta meter kubik air.
Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan, Waduk Rawa Kendal akan terhubung dengan Waduk Marunda. Apabila waduk ini sudah selesai, maka wilayah di Jakarta Utara dan Jakarta Timur akan terbebas dari banjir.
Menurut Jokowi, Waduk Rawa Kendal akan selesai dalam waktu tujuh bulan. Dia mengatakan, waduk tersebut merupakan bagian dari sembilan waduk baru yang sedang dibangun Pemprov DKI tahun ini.
Cuaca panas menaungi aksi blusukan kali ini. Jokowi pun mengelap keringat di dahi dan pipinya. Namun saat Paspampres menyodorkan payung, Jokowi malah menolak.
Seorang Paspampres menawarkan untuk melindungi Jokowi dari terik matahari dengan sebuah payung biru tua. Namun Presiden terpilih hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014 itu memberi isyarat untuk tak menggunakannya.
Akhirnya anggota Paspampres itupun terus menenteng-nenteng payung tersebut selama blusukan.
"Yang kagok Paspampres," celetuk Jokowi di sela-sela kedatangannya di Marunda.
"Paspampres yang menyesuaikan Presidennya," lanjutnya lagi.
Adapun kedatangan Jokowi ke Cilincing untuk meresmikan Waduk Rawa Kendal. Kegiatan itu merupakan blusukan pertama setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai pemenang Pilpres.
Dalam kegiatan itu, Jokowi mendapat pengawalan dari 37 paspampres yang mengenakan kemeja batik. Selain itu, belasan Polsek Cilincing turut membantu pengamanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar