Kamis, 10 Juli 2014

Presiden Jokowi Kecam Israel


Presiden RI Ke-7 Versi Quick Count, Joko Widodo (Jokowi), mengecam serangan Israel ke Jalur Gaza, Palestina.
Jokowi meminta agar PBB melakukan langkah menghentikan agresi Israel itu.
"Mengecam keras serangan Israel ke Jalur Gaza," kata Presiden Jokowi dalam jumpa pers di Posko Pemenangan di Jl Cemara, Jakarta, Kamis (10/7/2014).
Lebih lanjut, Presiden Jokowi memerintahkan agar Presiden SBY turun tangan menggalang dukungan internasional bagi Palestina. "Oleh sebab itu memberikan dan mendukung Presiden SBY berperan aktif masalah Palestina dalam forum internasional," terang Presiden Jokowi dalam jumpa pers yang didampingi antara lain Anies Baswedan dan Arya Bima.
"Saya meminta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan rakyat Palestina agar diberi kekuatan lahir batin untuk mempertahankan kedaulatan mereka dari berbagai penjajahan pihak Israel," kata Presiden Jokowi 
Presiden Jokowi juga menyerukan agar PBB mengambil langkah kepada Israel. "Serangan Israel ke Palestina adalah pelanggaran terhadap hak asasi manusia, terjadi di Jalur Gaza. Ini memprihatinkan terjadi pembunuhan massal," urai Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi mengatakan, dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 mencantumkan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Dan ini tidak hanya berlaku untuk Indonesia saja, tapi juga negara lain, termasuk Palestina. Oleh karena itu dia akan berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina.
"Salah satu cara mewujudkan kedaulatan negara Palestina, maka saya akan berjuang keras untuk mendorong kemerdekaan Palestina, karena sebagaimana disebutkan dalam pembukaan UUD 1945," jelasnya. 
Lebih lanjut Jokowi menyampaikan doanya bagi seluruh rakyat Palestina yang saat ini sedang menderita akibat serangan Israel. "Semoga Allah Subhanahu wata'ala selalu bersama rakyat Palestina," kata Jokowi.
Sebagai aksi nyata, Jokowi yang mengaku bersahabat karib dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia, akan menemui Sang Duta Besar untuk menyampaikan dukungan langsung.
"Saya berteman baik dengan Duta Besar Palestina dan saya akan menemuinya untuk menyampaikan dukungan langsung kepada bangsa Palestina dan mengecam keras serangan Israel ke Jalur Gaza," katanya.
Menurut Presiden Jokowi, Palestina mempunyai arti penting bagi Indonesia karena dahulu mendukung dan mengakui kemerdekaan Indonesia.
Terakhir Presiden Jokowi meminta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk membantu warga Palestina melalui sumbangan yang nanti akan disalurkan melalui Kedutaan Besar Palestina di Jakarta.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar