Selasa, 17 Juni 2014

Survei Lain Bilang Jokowi Kalah, Yang Ini Bilang Jokowi Menang

Lembaga survei IndoBarometer merilis hasil survei terbaru mengenai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden jelang pelaksanaan Pemilu Presiden 2014. Hasilnya, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla masih unggul di atas Prabowo-Hatta dengan selisih hingga 13 persen.
Secara head to head, survei menunjukkan elektabilitas Jokowi-JK sebesar 49,9 persen, sedangkan Prabowo-Hatta hanya 36,5 persen.
Sisanya, warga yang disurvei memilih tidak menjawab, rahasia atau belum menentukan pilihannya sebanyak 13,5 persen.
"Reaksi masyarakat bukan soal ciri khas tokohnya, tapi karena selera mayoritas masyarakat, bukan karena Jokowi atau Prabowo-nya. Pemenangnya adalah yang kebetulan memenuhi selera mayoritas pemilih," kata Direktur Eksekutif IndoBarometer Muhammad Qodari di Resto Rarampa, Jl Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (17/6/2014).
Untuk mengetahui elektabilitas secara individu, IndoBarometer kembali menemukan elektabilitas antara capres maupun cawapresnya juga memiliki perbedaan cukup tinggi. Setidaknya, hal itu terlihat dari Jokowi 42,0 persen dan Prabowo 32,1 persen. Sedangkan, cawapres JK dan Hatta masing-masing mendapat 32,9 persen dan 25,3 persen.
Survei ini dilakukan sejak tanggal 28 Mei-4 Juni 2014 di 33 provinsi seluruh Indonesia. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan hingga 95 persen.
Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling. Sedangkan margin of error mencapai 3,0 persen.  [tyo/merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar