Sabtu, 17 Mei 2014

Kemdikbud Jamin Coret Nama Jokowi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Indonesia memastikan soal ujian sekolah (US) tingkat sekolah dasar (SD) sederajat tahun 2014 tidak akan bocor.
Selain itu, Kemdikbud menjamin nama calon presiden (capres) 2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Joko Widodo (Jokowi), tidak akan muncul di naskah soal ujian akhir SD tersebut.
Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Dasar Kemdikbud Indonesia, Hamid Muhammad, mengaku pihaknya telah menerapkan standar pengamanan soal-soal US SD sama seperti pengamanan ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) maupun sekolah menengah pertama (SMP) 2014. Untuk itu, Kemdikbud tidak terlalu yakin soal US SD tahun ini bisa bocor.
“Bahkan kalau ada oknum dari jajaran Kemdikbud yang melakukan kecurangan, kami bisa memberikan sanksi disiplin. Sanksi yang paling berat yaitu dipecat,” ujarnya saat ditemui wartawan usai acara peluncuran program pengembangan kapasitas Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar di Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (17/5).
Tak hanya antisipasi kebocoran soal, Kemdikbud juga menjamin nama Jokowi tidak akan muncul dalam naskah soal US SD 2014.
Namun, pihaknya tidak berani memastikan apakah nama Gubernur DKI Jakarta itu benar-benar tidak ada di seluruh butir soal US SD. Ini karena ada dua pihak yang membuat soal US SD 2014.
Komposisinya, 25 persen soal US dibuat oleh Kemdikbud pusat dan Dinas Pendidikan di tingkat masing-masing provinsi membuat sisa soal sebanyak 75 persen.
“Kami tidak memiliki alat kontrol (mengawasi maupun mengetahui) adanya nama Jokowi,” ujarnya. [republika]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar