Sabtu, 01 Maret 2014

Jokowi Jadi Jurkam Demi Pamor PDIP

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Adjie Alfarabi mengatakan penunjukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai juru kampanye nasional Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tak berpengaruh terhadap elektabilitasnya sebagai calon presiden pada pemilu 2014. Menurut dia, tanpa harus menjadi jurkam pun, tingkat keterpilihan Jokowi sebagai calon presiden ini pun sudah cukup tinggi.
"Karena Jokowi tak hanya didukung dari internal PDIP, tapi juga dapat dukungan dari luar partainya," kata Adjie, saat dihubungi, Sabtu, 1 Maret 2014. Lagi pula, kata dia, politikus yang ditunjuk jadi jurkam nasional PDIP berasal dari beberapa kepala daerah yang juga kader PDIP.
Adjie menilai penunjukan Jokowi sebagai jurkam nasional PDIP semata-mata untuk meningkatkan elektabilitas partai banteng itu.
Sejumlah survei menunjukkan elektabilitas Jokowi lebih tinggi dibanding elektablitas PDIP.
Karena, kata Adjie, harapan PDIP pada pemilihan umum legislatif nanti sangat besar. "PDIP membutuhkan pamor dan label Jokowi untuk mendongkrak suara," ujar Adjie.
Selain itu, Adjie melanjutkan, penunjukkan Jokowi untuk penguatan internal PDIP. Artinya, kata Adjie, PDIP memang ingin mendeklarasikan Jokowi sebagai kader yang kuat secara nasional dan mampu melambungkan nama baik partai.
Sebelumnya, PDIP akan menjadikan Jokowi Jokowi sebagai juru kampanye nasional pada Pemilu 2014 bersama sejumlah kepala daerah yang juga kader PDI Perjuangan. Sekretaris Jenderal PDIP, Tjahjo Kumolo mengatakan mereka dipilih secara selektif untuk menjadi juru kampanye di tingkat pusat.
Menurut Tjahjo, selain Jokowi, sejumlah kepala daerah lain yang diminta adalah Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, Gubernur Lampung Syachruddin ZP, dan pelaksana tugas Gubernur Banten Rano Karno.
Masuknya nama Jokowi dalam jajaran juru kampanye nasional PDIP tercantum dalam surat Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati ke KPU. Dalam suratnya, Mega menyampaikan sejumlah nama tokoh yang menjadi juru kampanye nasional PDIP.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar