Minggu, 02 Februari 2014

Surva-surve PCI: 10 Pesaing Jokowi

Hasil survei nasional yang dilakukan Political Communication Institute (PCI) menyebutkan 10 nama tokoh nasional diprediksi akan mampu bersaing dengan Joko Widodo (Jokowi).
Hasil survei ini disampaikan dalam diskusi politik pemimpin Indonesia dan rilis hasil survei nasional yang bertemakan Pemimpin Indonesia, Mencari Pesaing Jokowi di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Minggu (2/2/2014).
Sejumlah pembicara hadir yakni capres konvensi Partai Demokrat, Ali Masykur Musa, Ketua DPP Golkar Priyo Budi Santoso dan Eva Kusuma Sundari dari PDIP.
Direktur Polcomm Institute, Heri Budianto mengatakan, survei dilakukan karena selama ini hasil survei menempatkan Jokowi sebagai urutan teratas meninggalkan yang lain. Bahkan, berdasarkan litbang kompas di atas 40 persen.
Oleh karena itu lanjut Heri, diperlukan sosok alternatif dan memberikan opsi kepada masyarakat untuk menciptakan persaingan sehat. Jangan sampai Jokowi tidak memiliki lawan tanding.
Hasil dari survei menyebutkan 10 nama tokoh yang bisa menyaingi Jokowi. Ke-10 nama ini terdiri lima dari parpol dan lima lainnya dari non parpol.

Dari parpol
  1. Tri Rismaharini 19,1 persen
  2. Priyo Budi Santoso 18,5 persen
  3. Hary Tanoesoedibyo 10,8 persen
  4. Yusril Ihza Mahendra 9,7 persen
  5. Puan Maharani 9,6 persen. 
Dari Non Parpol
  1. Dahlan Iskan 18,7 persen (berafiliasi ke Demokrat)
  2. Irman Gusman 11,9 persen (berafiliasi ke Demokrat)
  3. Ali Masykur Musa 11,2 persen (berafiliasi ke Demokrat)
  4. Mahfud MD 10,3 persen (berafiliasi ke PKB)
  5. Gita Wirjawan 8,7 persen (berafiliasi ke Demokrat)
Menurut Heri, survei dilakukan terhadap 1.200 orang yang tersebar di 33 provinsi. Pelaksanaan survei dilakukan Desember 2013 hingga Januari 2014.

Sumber :
republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar