Minggu, 02 Februari 2014

Berkebun di Rusun ala Jokowi

Setelah berhasil merelokasi warga pemukiman liar ke rumah susun, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mempunyai ide baru. Memanfaatkan halaman rumah susun sebagai kebun sayuran.
"Seperti sawi, bayam, kangkung. Itu hasilnya bisa dijual dan dimakan sendiri," kata Jokowi di Rusun Marunda, Jakarta Utara, Minggu (2/1/2014).
Tanaman sayuran tidak memerlukan lahan yang terlalu luas. Maka bisa ditanam di sisi-sisi bangunan. Sedangkan untuk sisa lahan rusun yang luas, bisa dimanfaatkan sebagai kebun buah-buahan. Seperti pohon mangga dan sebagainya.
"Nanti masyarakat belajar menanam juga," sambung Jokowi.
Warga penghuni rumah susun cukup antusias dengan usu Jokowi. Selain bibit dan pelatihan, mereka berharap Pempov DKI Jakarta membantu juga pemasaran hasil panen dari kebun sayur dan buah. "Dibantu jualnya ya Pak," seru seorang penghuni rusun. "Ya, nanti pemasarannya dibantu," sahut Jokowi.
Kunjungan Jokowi ke Rusun Marunda untuk melihat perkembangan proyel pembangunan tower baru. Warga yang tinggal di sini sebagian adalah bekas penghuni lahan waduk Pluit.

Sumber :
metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar