Rabu, 05 Februari 2014

Pekan Ini Jokowi Mulai Buat Waduk di Rorotan Jakarta Utara

Menurut penuturan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), tahun ini Pemprov DKI akan membangun 9 waduk baru di beberapa titik di Jakarta sebagai solusi mengatasi banjir. Salah satunya di Rorotan, Jakarta Utara. Pembangunan akan dimulai pekan ini.
"Minggu ini dimulai (pembangunannya)," kata Jokowi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2014).
Pria 52 tahun ini mengaku pembangunan waduk tersebut disegerakan karena pembebasan lahannya sudah selesai. "Pembebasan tanah sudah beres kok kemarin," ungkapnya.
Untuk tahap awal akan dibuat tanggul sebagai penahan waduk.
Dia menargetkan pengerjaan waduk ini akan selesai dalam 2 tahun. "Paling lama 2 tahun, tapi tahun ini sudah bisa menampung (air)," pungkasnya.
Rorotan yang terletak di Jakarta Utara, adalah satu dari 9 titik waduk baru yang akan dikebut pembangunannya oleh Pemprov DKI. Selain Rorotan, waduk tersebut akan dibangun di Marunda, Kelurahan Kamal Muara, Sunter, Cengkareng, wilayah Halim Perdanakusuma, dan di daerah selatan Jakarta.
Selain Rorotan, waduk yang akan segera dibangun terletak di wilayah Marunda, Jakarta Utara. Diperkirakan luas waduk sekitar 50 ha. Namun pembangunan sebagian waduk yang tak jauh dari Rusun Marunda ini tertahan karena masalah pembebasan lahan.
"Marunda sekitar 50 hektar, tapi yang kita kerjakan 30 hektar, karena yang 20 hektar sedang dalam proses pembebasan lahan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan kala itu.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar