Selasa, 21 Januari 2014

Meski Telah Ditolak Walikota Tangerang, Jokowi Tetap Akan Buat Sodetan Ciliwung-Cisadane

Pemerintah Kota Tangerang dengan tegas menolak rencana Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat sodetan Ciliwung-Cisadane dengan alasan pembangunan itu dinilai justru memindahkan banjir dari Jakarta ke wilayahnya.
Meski ditolak, Jokowi mengaku akan tetap berupaya merealisasikan proyek tersebut. "Saya harap Walikota dan Bupati Tangerang setuju," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Selasa (21/1/2014).
Dalam waktu dekat Jokowi akan bertemu dengan Walikota Tangerang untuk membicarakan pembuatan sodetan itu. Realisasi sodetan Ciliwung-Cisadane ini diyakini bisa menjadi solusi bagi pemecahan banjir Jakarta, selain pembangunan dua waduk baru di Ciawi, Bogor dan Sukatani di Depok.
Jokowi mengatakan saat ini proyek tersebut sedang dalam persiapan teknis. "Untuk sodetan Ciliwung ke Cisadane, pembebasan lahan mulai tahun ini," ujar dia.
Sebelumnya, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, menilai rencana sodetan sangat tidak layak. Sehingga perlu dicari solusi lainnya untuk mengantisipasi banjir di Jabodetabek.
"Jangan sampai solusinya hanya memindahkan banjir dari Jakarta ke Tangerang. Perlu alternatif lainnya dengan kajian bersama-sama," kata Arief.
Menurutnya, sodetan akan berdampak pada empat kecamatan di Kota Tangerang yang dialiri Sungai Cisadane. Jika sodetan Ciliwung ke Cisadane dibuat, wilayah yang terancam banjir adalah kecamatan Karawaci, Cibodas, Jatiuwung dan Periuk. Selengkapnya

Sumber :
viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar