Jumat, 24 Januari 2014

Jokowi Dapat Hibah 10 Busway dari Pengusaha

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan hibah 10 bus TransJakarta dari Tahir Foundation. Tahir Foundation merupakan kumpulan pengusaha yang bergerak di bidang kemanusiaan. Selain 10 unit bus, dihibahkan juga uang sebesar 6M.
Ketua Tahir Foundation, Tahir, mengatakan, pemberian armada dan uang secara cuma-cuma itu untuk mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang sedang memperbanyak bus TransJakarta.
"Alasan kami hibahkan bus, supaya kemacetan di Jakarta bisa diminimalisir," kata Tahir, di Balai Kota Jakarta, Jumat (24/1/2014). Menurutnya, bantuan langsung untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu pertama kalinya dilakukan.
Dia mengungkapkan, dalam membangun kota, tidak hanya pemerintah yang bergerak, namun peran masyarakat juga sangat diperlukan. "Kalau kami hanya mampu 10 bus. Tapi kan harusnya gotong-royong. Kalau satu grup saja 10 bus. Kalau ada 100 pengusaha coba bayangkan ada berapa bus lagi," ujar Tahir.
Meski 10 bus tersebut tidak dibuat bersamaan dengan bus TransJakarta lainnya, namun Tahir memastikan bus yang akan disumbanagkan sudah sesuai dengan standard. Sebab, dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.
Pemprov DKI dan pengusaha akan berbagi tugas dalam operasional 10 bus tersebut. Bahan bakar gas ditanggung Pemprov DKI, sementara sumber daya manusia mulai dari sopir dan kondektur diadakan oleh para pengusaha itu. "Diharapkan dengan adanya hibah ini. Kami bisa berkontribusi dalam membantu menangani macet Jakarta," katanya.
Sementara itu, Tahir menambahkan, uang 6M itu akan digunakan untuk korban banjir. Rencananya akan disalurkan ke Dinas Sosial DKI Jakarta untuk kemudian dibagikan ke korban banjir di Jakarta. Dari pendataan, warga korban banjir paling banyak membutuhkan air bersih, perlengkapan kebersihan rumah hingga bahan makanan.
"Prinsip penyaluran bantuan yang efektif adalah tepat jenis, tepat mutu dan tepat sasaran. Kami percaya Pemprov DKI punya data lengkap dan kapabilitas menyalurkan bantuan untuk warga yang benar-benar membutuhkan," ujarnya.

Sumber :
viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar