Jumat, 24 Januari 2014

Bersepeda dan Tanam Pohon di Tepian Ciliwung

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kembali menjalankan "ritual Jumatan" yakni bersepeda sebelum ke kantor. Pada hari ini, Jumat (24/1/2014), Jokowi bersepeda bersama komunitas Bike to Work dan terlihat beberapa orang wartawan asing mengikuti Jokowi bersepeda ke Kali Ciliwung di Jalan Kwitang, Jakarta Pusat, tepatnya di samping Toko Buku Gunung Agung.
Jokowi berangkat dari Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, pukul 06.30 WIB.
Jokowi bersepeda dengan rute Jalan Menteng Raya- Tugu Tani - belok ke arah Pasar Senen, dan putar balik di depan Markas Komando Korps Marinir TNI Angkatan Laut.
Setiba di lokasi itu, Jokowi menyusuri sisi barat Kali Ciliwung untuk meninjau pembangunan tanggul.
"Salah satu penyebab banjir adalah lemahnya tanggul. Maka tahun ini Dinas PU fokus bangun tanggul di bantaran kali," kata Jokowi.
Pembangunan tanggul ini merupakan program antisipasi banjir dan rob atau air pasang. Rencananya, Jokowi akan menanam empat pohon ketapang di bantaran Kali Ciliwung. "Sebagai simbol bahwa bantaran kali itu harus hijau dan steril dari rumah," kata Jokowi.
Mengenai jumlah pohon yang ditanam Jokowi kurang mengetahuinya. Bahkan dia meminta wartawan yang menanyakannya kepada Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah.
"Tanya sama dia saja (Saefullah)," kata Jokowi.
Saefullah menjawab rencananya akan ditanam di sepanjang jalan inspeksi. "Kami tanam sepanjang kali, selama masih ada ruang," tandasnya.
Selesai menanam pohon, Jokowi pergi ke sisi lain di Kali Ciliwung. Di sana puluhan warga bergerombol dan curhat soal banjir akibat luapan Kali Ciliwung. Menanggapi keluhan warga, Jokowi mengatakan salah satu penyebab banjir adalah lemahnya tanggul. Tahun ini, kata dia, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta akan membangun tanggul di bantaran kali.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar