Jumat, 24 Januari 2014

Tahun Ini Beli 1000 Bus TranJ dan 3000 Bus Sedang

Geliat sarana angkutan umum di DKI Jakarta akan terus dipertahankan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Rencananya, pada tahun ini, DKI Jakarta akan digelontor ribuan bus untuk angkutan umum.
"Tahun ini kita akan beli 1.000 Bus TransJakarta dan bus sedang 3.000," ujarnya usai makan siang di jalan Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2014).
Hari ini Jokowi meresmikan operasional 10 bus APTB jurusan Kali Deres- Cikarang. Pertambahan bus ini akan dilakukan secara bertahap setiap minggu.
"Ini tiap minggu kita keluarkan, 30, 10 akan kita keluarkan," katanya.
Ia berharap dengan adanya peluncuran APTB akan mengurangi kendaraan yang masuk dari kota-kota sekitar Jakarta. Pengadaan 400 bus TransJakarta direncanakan akan selesai di bulan Februari.
"Pertambahannya setiap bulan 10 unit busway, Februari rampung 400 unit. Nanti bus sedang masuk lagi," lanjutnya.
Untuk menjaga kenyamanan penumpang, Jokowi akan melakukan peremajaan armada setiap 5 tahun. Dengan begitu, akan terlihat perubahan transportasi di Jakarta.
Kepala Dinas Perhubungan, Udar Pristono menjelaskan pengadaan bus ini akan dimulai pada bulan April dengan menggunakan sistem e-catalog. Pemprov DKI menganggarkan dana Rp 4 triliun hingga Rp 5 triliun.
"Pengadaannya bulan April, insya Allah dengan e catalog," ungkapnya.
Hingga saat ini, sudah ada 143 bus APTB yang melayani perjalanan dari Jakarta menuju daerah sekitar Jakarta.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar