Kamis, 05 Desember 2013

Warga Gusuran Waduk Ria Rio Protes JokowiWarga Gusuran Waduk Ria Rio Protes Jokowi

Warga gusuran Waduk Ria-Rio kini hidup dalam kondisi menderita. Mereka tidak lagi memiliki rumah untuk bernaung. Sebagai gantinya, warga tinggal di tenda darurat yang letaknya agak jauh dari waduk.
Berdasarkan pantauan Metrotvnews.com, ada sekitar 10 tenda di lokasi itu. Setiap tenda biasanya dihuni sekitar empat kepala keluarga (KK) atau 20 orang lebih.
Mereka harus tinggal berdesakan dalam tenda yang penuh sesak dipenuhi barang perabotan dan bocor ketika hujan turun. Bahkan di salah satu tenda tersebut, ada seorang nenek renta berusia 85 tahun. Tanah becek setiap kali hujan tiba semakin menambah kesulitan warga korban gusuran.
Salah seorang perwakilan warga bernama Kristin meminta Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) jangan tinggal diam dengan kondisi mengenaskan yang tengah dialami warga. Ia berharap Jokowi tetap memberi perhatian.
Pasalnya, tinggal di tenda darurat sangatlah menderita. Jangankan dapur umum, air bersih dan listrik saja tidak ada. Apalagi anak-anak warga korban penggusuran sampai saat ini belum bisa bersekolah karena masih hidup dalam ketidakpastian.
"Jokowi datang dong, lihat kondisi warganya sekarang yang menderita," keluh Kristin dengan wajah kuyu, Senin (2/12/2013).
Kristin awalnya tinggal di sebuah rumah di RW 15 Pedongkelan, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Kini, setelah rumah tinggal mereka digusur, Kristin dan ratusan korban lainnya sangat berharap bisa menghuni rusun yang sempat dijanjikan oleh Jokowi.
"Pokoknya dapat rusun kita terima, asalkan nggak dipersulit," imbuh warga lainnya, Deden.
Deden berharap warga yang diprioritaskan menempati rusun ialah pengontrak rumah dan bukannya pemilik rumah. Menurutnya, aparat kecamatan harusnya mendatangi langsung lokasi penggusuran untuk mendata sehingga yang menempati rumah susun ialah orang yang memang berhak.
"Coba sebelum dibongkar, didata dahulu rumahnya. Jadi tidak salah sasaran. DKI juga enggak jadi jelek namanya, ini kan jelek begini warga terlantar," kritiknya.

Sumber :
metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar