Senin, 04 November 2013

Jokowi: Lahan Bersertifikat Pasti Dapat Ganti Rugi

Gurbernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pemilik lahan yang  terkena proyek pembangunan pemerintah pasti akan mendapatkan ganti rugi. Begitu juga dalam program pembangunan embung di Jalan Pluit Karang Karya, Penjaringan, Jakarta Utara. "Pasti akan mendapat ganti rugi," kata Jokowi saat ditemui di Balai Kota, Senin (4/10/2013).
Hanya saja, Jokowi melanjutkan, pemilik harus bisa menunjukkan bukti kepemilikan lahan. "Buktinya yang sertifikat itu," katanya.
Dia menegaskan, pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk membayar ganti rugi kepada pemilik lahan. "Kalau sudah ada pembebasan, ya, pasti sudah ada."
Sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Utara dan Kecamatan Penjaringan membongkar puluhan bangunan di Jalan Pluit Karang Karya, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara. Kurang lebih ada 27 keluarga yang menghuni bangunan-bangunan itu.
Camat Penjaringan Rusdiyanto mengatakan, lahan seluas sekitar satu hektare itu akan dibangun menjadi embung. Embung tak lain adalah tempat penampungan air. Penduduk yang tinggal dilokasi pembangunan embung sudah diberi kesempatan untuk membongkar sendiri bangunan milik mereka sejak 10 Oktober 2013 lalu.
Rusdiyanto menegaskan, para penghuni lahan tidak akan mendapat ganti rugi karena lahan yang ditempati adalah milik negara. Selain itu, pemerintah juga tidak akan memberikan uang   kerohiman. "Mayoritas penghuni adalah pengusaha dan warga yang dinilai mampu secara ekonomi. Khusus penghuni lahan ini, pemerintah tidak menyediakan lahan relokasi," kata Rusdiyanto.
Berdasarkan pantauan Tempo, bangunan yang dibongkar meliputi bengkel, gudang, warung, dan hunian. Tak ada perlawanan dalam pembongkaran itu. 

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar