Jumat, 13 September 2013

Usul Marty ke Jokowi: Jadikan Jakarta Pusat Diplomatik ASEAN

Pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tak disia-siakan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa untuk memberikan usulan. Dia meminta agar Jakarta dikondisikan sebagai kota pusat diplomatik negara-negara ASEAN.
"Ya kita bicara juga bagaimana membuat Jakarta menjadi semacam diplomatic capital, kota diplomatik bagi ASEAN, lebih ramah, lebih layak bagi diplomasi-diplomasi," ujarnya usai bertemu Jokowi di kantornya pada Jumat (13/9/2013).
Marty mengungkapkan, Kemenlu akan membuat Host Country Commitee, sebuah institusi yang dikhususkan bagi diplomat-diplomat ASEAN di Jakarta.
Keberadaan Host Country Commitee itu akan memudahkan aktivitas para diplomat itu. Jokowi pun diharapkan menjadi fasilitatornya.
"Jadi, ada pelayanan di satu titik, tidak usah ke lembaga lain-lain. Jadi, lebih dibuat sederhana dan beliau (Jokowi) sudah setuju," lanjut Marty.
Marty menegaskan, keberadaan Host Country Commitee sangat penting, apalagi diplomasi Indonesia dengan negara-negara ASEAN kian meningkat. Diharapkan, pembentukan itu akan memperbaiki hubungan diplomatik Indonesia dengan sepuluh negara peserta ASEAN lainnya.
"Seperti halnya New York jadi markas PBB dan Brussel, Belgia, untuk Uni Eropa. Jakarta juga diharapkan demikian bagi Asia Tenggara," ucapnya.

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar